Abdimas UNIMMA Unggul di Jateng

UNIMMA meraih peringkat 1 jumlah Pengabdian Masyarakat (Abdimas) 15 PTN-PTS LLDikti VI berdasarkan bidang fokus tahun 2020 sampai dengan 2023 (kumulatif 4 tahun). (foto: dok. UNIMMA)

Magelang Jateng, wartaterkini.news Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) berusaha untuk terus meningkatkan Catur Dharma Perguruan Tinggi. Kali ini, UNIMMA meraih peringkat 1 jumlah Pengabdian Masyarakat (Abdimas) 15 PTN-PTS LLDikti VI berdasarkan bidang fokus tahun 2020 sampai dengan 2023 (kumulatif 4 tahun).

Adapun total Abdimas sebanyak 38 dengan 8 bidang, di antaranya 9 bidang pangan, 7 bidang energi, 1 bidang Kesehatan. Kemudian 3 bidang pertahanan keamanan, 13 bidang sosial humaniora, 2 bidang TIK, 2 bidang kebencanaan dan 1 bidang riset dasar teoritis.

Kadiv Pengabdian pada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Ns. Robiul Fitri Mashitoh, M.Kep. mengatakan Abdimas UNIMMA beberapa kali menempati peringkat atas di Jawa Tengah.

“Alhamdullilah, Abdimas DRTPM UNIMMA pernah beberapa kali di peringkat atas se-Jateng, namun baru kali ini di peringkat teratas. Hasil ini semakin memacu kami untuk terus maju,” ujarnya, Jumat (26/01/2024).

Adapun capaian tersebut tidak terlepas dari peran aktif UNIMMA dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam melakukan Abdimas.

Baca Juga :   Ikhtiar Selamat dari Bahaya Alam, UNIMMA Gelar Simulasi Darurat Bencana di Sekolah

“Kami berjejaring dengan berbagai pihak untuk penggalian permasalahan, terutama Pemerintah Daerah. Kemudian membentuk grup-grup Abdimas sesuai kepakaran dosen dan melakukan pendampingan secara kontinyu dalam penyusunan proposal,” tambahnya.

Kegiatan abdimas UNIMMA diharapkan dapat bermanfaat dan memberikan solusi dari berbagai permasalahan yang ada di masyarakat melalui inovasi dosen dan mahasiswa. (Narwan/Red)