Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tanam Pohon di Istana, Simbol Pelestarian Lingkungan

Jakarta, wartaterkini.news–Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kegiatan penanaman pohon di halaman tengah Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (17/10/2024) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menanam pohon Pulai (Alstonia scholaris), sementara Ibu Iriana menanam pohon Flamboyan (Delonix regia).

Menurut keterangan dari Badan Pengelola Protokol dan Media Istana (BPMI) Sekretariat Presiden, acara itu berlangsung dalam suasana hangat dan penuh kebersamaan.

Penanaman pohon ini menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung program penghijauan dan pelestarian lingkungan di kawasan Istana Kepresidenan.

Baca Juga :   Panen Jagung di Sumbawa, Presiden Jokowi Tekankan Keseimbangan Harga

Pohon Pulai dan Flamboyan, yang dikenal akan keindahan serta manfaat ekologisnya, diharapkan dapat memperindah lingkungan istana sekaligus memberikan manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang.

Pohon Flamboyan yang ditanam oleh Ibu Iriana dikenal dengan bunga-bunganya yang cerah dan memikat, melambangkan kecantikan serta harapan.

Sementara itu, pohon Pulai yang ditanam oleh Presiden Jokowi memiliki makna simbolis ketahanan dan kekuatan, yang mencerminkan visi jangka panjang pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Dorong Penguatan Kolaborasi ASEAN-Jepang Hadapi Revolusi Industri 5.0

Penanaman pohon itu juga menjadi simbol peringatan menjelang masa purna tugas Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Lebih dari sekadar seremoni, kegiatan ini menunjukkan dedikasi dan kepedulian terhadap lingkungan yang akan terus berlangsung, bahkan setelah masa jabatan Presiden Jokowi berakhir.

Dalam acara tersebut, turut hadir beberapa pejabat, di antaranya Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana. (**)