Sukseskan Pilkada 2024, Bawaslu OKI Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Media di Pemilukada

OKI Sumsel, wartaterkini.news–Guna meningkatkan pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 di Kabupaten OKI, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten OKI mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema “Peran Media Dalam Mengawal Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas”.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 11 hingga 13 Juli 2024 tersebut dilaksanakan di The Alts Hotel Palembang yang beralamat di Jln Rajawali No.18, 9 Ilir, Ilir Timur III Kota Palembang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner Bawaslu OKI dan para peserta dari perwakilan wartawan media massa, media online dan media elektronik yang tergabung dalam berbagai organisasi wartawan maupun organisasi perusahaan media seperti Organisasi IWO Indonesia OKI, PWI OKI, SWI OKI, PPWI OKI, IWO OKI dan SMSI OKI, Kamis (11/07/2024).

Baca Juga :   Hendrikus Weridity Kembali Pimpin Pemuda Katolik Maluku Utara

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Sri Wahyuni dalam laporannya mengatakan, tujuan sosialisasi ini adalah membuat masyarakat memahami tugas dan fungsi pokok bawaslu.

Selain itu sosialisasi kepada media masa merupakan upaya Bawaslu OKI untuk menyamakan visi dan misi bersama untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dan dalam rangka peningkatan proses penyelenggaraan Pemilu yang Demokratis.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman terkait peran media dalam mengawasi pelaksanaan pemilu dan memberikan pemahaman dalam pencegahan dugaan pelanggaran pada pemilu 2024”, terangnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui peran media dalam pelaksanaan pemilu 2024 mencegah terjadinya dugaan pelanggaran pemilu 2024 terutama pada media massa dan media online.

Metode yang digunakan dalam bimbingan teknis ini adalah metode persentase pada nara sumber yang dilanjutkan dengan diskusi dengan nara sumber dari Kominfo OKI dan Kesbangpol OKI dan Bawaslu OKI, jelasnya.

Baca Juga :   Mangkir Dua Kali, Bawaslu OKI Desak Kades Edi Karso Tunjukkan Sikap Koperatif

Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona SH.I dalam sambutannya mengatakan ungkapan terimakasih kepada rekan-rekan media yang telah banyak membantu dalam mensukseskan pasca pemilu pileg dan pilpres tahun 2024 lalu.

Harapan kami ke depan dalam pilkada 2024 ini untuk kontestasi Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di OKI dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar tanpa ada konflik

“Untuk itu diminta peran kawan-kawan media dalam mengedukasi masyarakat dalam pemilukada 2024 ini karena peran media sangat penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat sangat penting, harapnya.

Pada kesempatan itu juga Ketua Bawaslu OKI menyampaikan permintaan maaf kepada rekan-rekan media apabila tidak bisa diundang semuanya, karena anggaran kita terbatas dan hanya ada Rp.18 Milyar sementara wilayah Kabupaten OKI yang terdiri dari 327 desa/kelurahan di 18 kecamatan, ujarnya.

Baca Juga :   Cegah Kejahatan Jalanan, Kapolsek Cikarang Barat Pimpin Patroli Skala Besar

“Bila ada kegiatan Bawaslu lainnya, akan kita undang dan yang sudah mengikuti kegiatan ini nantinya dapat digilirkan dengan rekan-rekan media yang belum mendapat undangan pada kegiatan ini,”ungkapnya. (Fitri/Red)