Sinergitas TNI-POLRI Tingkatkan Prekonomian Masyarakat di OKU Selatan

Foto: Babinkamtibmas Polsek Buay Sandang Aji dan Babinsa melaksanakan sosialisasi hasil olahan ubi yang akan dipasarkan oleh masyarakat

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Dalam upaya membangun sinergitas TNI-Polri dalam membangun sentra UMKM, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas bersama-sama meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya tanaman singkong atau yang biasa disebut ubi kayu.

Untuk mensukseskan program tersebut TNI-Polri secara bersama-sama melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan program meningkatkan taraf ekonomi melalui budidaya dan pengolahan singkong.

Dua lembaga pertahanan negara ini saling bahu membahu mengabdi kepada masyarakat melalui pendekatan yang humanis dan persuasif.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinsa Pelda Burhandri dan Rangga Adi Pratama bhabinkamtibnas Polsek Buay Sandang Aji Kabupaten OKU Selatan mendatangi warga untuk memberikan edukasi dan tata cara meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan lahan kosong.

Rangga Adi Pratama Bhabinkamtibnas Polsek Buay Sandang Aji Kabupaten OKU Selatan mengajak warga di wilayah hukumnya untuk memanfaatkan lahan kosong dengan cara menanam ubi kayu. Pemilihan tanaman ini dikarenakan bibit yang mudah didapat, mudah ditanam, tahan terhadap segala jenis cuaca, dan masa panen yang tidak terlalu lama.

Baca Juga :   Sambang Dialogis, Sat Samapta Polres OKU Selatan Lakukan Patroli Jalan Kaki

Bhabinkamtibmas Polsek Buay Sandang Aji ini, mengatakan pihaknya mengadakan program peningkatan sentra UMKM untuk membantu perekonomian warga dengan memanfaatkan lahan kosong agar menjadi lahan yang produktif

“Program peningkatan UMKM ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Polsek Buay Sandang Aji kepada masyarakat sekitar, untuk membantu menambah penghasilan dan menciptakan lapangan pekerjaan. Dan juga memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif” ujarnya.

Personil Polres Buay Sandang Aji yang enerjik ini tak segan mendatangi rumah warga untuk mengajak agar bersedia mengikuti program peningkatan sentra UMKM, khususnya para IRT agar bisa membantu perekonomian keluarga.

Bhabinkamtibnas Polsek Buay Sandang Aji juga menambahkan bahwa hasil budidaya singkong ini nantinya akan diolah menjadi keripik singkong dengan varian rasa pedas dan original. Setelah diolah menjadi keripik ubi, hasilnya akan dipasarkan melalui offline dan online.

Baca Juga :   Kejagung dan TNI Bangun Sinergitas Penegakan Hukum lewat Peran JAM Pidmil

“Adapun untuk pemasaran hasil olahan singkong ini akan dijual di warung-warung, di pasar tradisional maupun dijual secara online melalui FB, instagram dan WA,” jelas pria berbadan tegap ini.

Untuk budidaya, produksi dan pemasaran olahan singkong ini, bhabinkamtibmas membimbing secara langsung agar hasil yang didapat sesuai dengan harapan.

“Secara berkala kami melakukan cek dan ricek di lokasi agar apa yang kita usahakan ini membuahkan hasil seperti yang diharapkan,” urainya.

Tentu saja program ini diterima oleh masyarakat setempat. Sari, salah satu warga yang ikut dalam program ini mengatakan warga desa terutama para IRT merasa terbantu dengan adanya program peningkatan sentra UMKM ini.

“Selain memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif, kami juga mendapatkan tambahan pemasukan sehingga dapat membantu perekonomian keluarga,”jelasnya

Dirinya dan masyarakat Buay Sandang Aji berterima kasih kepada Polsek Buay Sandang Aji atas terobosannya dalam membantu memajukan UMKM, sehingga dapat mendongrak roda perekonomian di tengah himpitan ekonomi yang makin sulit karena semua kebutuhan serba mahal.

Baca Juga :   SK Ditandatangani Gubernur, Kapolda Sumsel Tegaskan Satgas Illegal Drilling dan Illegal Refinery Segera Bertindak Dilapangan

“Kami berterima kasih atas inisiatif dari Polsek Buay Sandang Aji yang telah membantu warga untuk bertahan di tengah perekonomian yang kian hari makin sulit karena semua harga kebutuhan selalu naik dan serba mahal,”tutupnya. (Sri Fitriyana)