Senin, Juni 27, 2022
Google search engine
BerandaBerita482 Siswa MI Siap Ikuti Ujian Madrasah Yang Digelar Secara Serentak

482 Siswa MI Siap Ikuti Ujian Madrasah Yang Digelar Secara Serentak

Halsel Malut, wartaterkini.news–Memasuki akhir pelaksanaan tahun ajaran 2020/2021, seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan akan mengikuti Ujian Madrasah yang akan dilaksanakan secara serentak dari tanggal 1-9 April 2021.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Husain Jafar saat ditemuai diruang kerjanya, Rabu (31/03) menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian Madrasah tingkat MI akan diikuti oleh 481 Siswa, terdiri dari 241 siswa laki-laki dan 240 siswa perempuan yang tersebar di 29 Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta.

Baca Juga :  Lanud Sam Ratulangi Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi

Ujian Madrasah tingkat MI diselenggarakan di masing-masing satuan pendidikan yakni madrasah. Tidak ada Madrasah bergabung, seluruh madrasah MI di Halmahera Selatan sudah akreditasi sehingga pelaksanaan ujian dapat berlangsung dimasing-masing Madrasah.

“Untuk pembukaan UM akan dipusatkan di MIS Nurul Hasnah Kupal Baru, dan selanjutnya akan dilakukan pemantauan ke seluruh Madrasah dalam Kota Labuha dan sekitarnya, oleh Kepala Kantor yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Islam”. Jelas Husain Jafar

Selanjutnya Husain Jafar menyampaikan, Pada tahun ini pelaksanaan ujian madrasah sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan UM dilakukan secara mandiri, mulai dari penyusunan soal, penggandaan sampai pada pelaksanaan dan penentuan kelulusan dengan tetap berpedoman pada Keputusuan Dirjen Pendis Nomor : 752 Tahun 2021, Tentang POS Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun 2020/2021.

Baca Juga :  Cegah Pungli Satgas Saber Pungli Morotai Gelar Sosialisasi Pungli Tingkat Desa

Setelah penyelenggaraan Ujian Madrasah, seluruh Madrasah diwajibkan membuat dan menyampaikan laporan secara berjenjang ke Kantor Kemenag Kabupaten Halmahera Selatan dan selanjutnya pihaknya akan menindak lanjuti dengan menyampaikan laporan ke Kanwil Kementerian Agama Prov. Maluku Utara untuk disampaikan kepusat.

Terkait dengan pembiayaan pada Ujian Madrasah, Husain Jafar mengharapkan agar pihak Madrasah harus memikirkan keuangan Madrasah, jangan hanya berharap dari Dana Bantuan Oprasinal Sekolah (BOS), sehingga jika terjadi keterlambatan dalam pencairan tidak akan berpengaruh pada pelaksanaan kegiatan di Madrsah seperti pelaksanaan Ujian sekarang.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Polres Simalungun Terima Penambahan Personil BKO Brimob Batalyon-B Poldasu

“Terkait dengan pembiayaan UM bersumber dari anggaran BOS, Komite Madrasah, Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan/atau sumber lain yang sah dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”,pungkasnya. (Jul/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 26 June, 2022 10:24 pm

Paling Populer

Headline News