400 Anak di Desa Kalikuto Ikuti Sub PIN Polio dari Puskesmas Grabag I

Sebanyak 400 anak di Desa Kalikuto mengikuti imunisasi Sub PIN Polio putaran pertama yang digelar Puskesmas Grabag I di Aula Balai Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Rabu (17/01/2024). (foto: Narwan)

Magelang Jateng, wartaterkini.news – Sebanyak 400 anak di Desa Kalikuto usia 0-7 tahun menerima imunisasi dalam kegiatan Sub PIN Polio putaran pertama, Rabu (17/01/2024). Kegiatan yang diampu Puskesmas Grabag I tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Kalikuto, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Kegiatan dihadiri Camat Grabag Sri Utari, S.Pd, M.M., Kapolsek Grabag AKP Slamet Mulyanto, S.H., M.M. diwakili Bhabinkamtibmas Desa Kalikuto Briptu M. Rizal. Juga Danramil 06/Grabag Kapten Kav Sriyanto diwakili Serma Nur Daim dan Kepala Puskesmas Grabag I drg. Rury Suryani.

Hadir pula Kepala Desa Kalikuto H. Muh Faid, Babinsa Kalikuto Serda Triyono, Bhabinkamtibmas Sidogede Aipda Arif W., 18 Kader Posyandu, dan 8 mahasiswa KKN dari Undip Semarang.

Kepala Puskesmas Grabag I drg. Rury Suryani menjelaskan kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak dilakukan di seluruh Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sub PIN Polio diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan secara serentak mulai hari ini Senin tanggal 15 Januari 2024.

Baca Juga :   Kapolresta Magelang Pastikan Keamanan Gudang Logistik Pemilu

“Kegiatan ini dilakukan untuk menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) polio, menyusul penemuan kasus lumpuh layu di Kabupaten Pamekasan dan Sampang, Jawa Timur, serta di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah,” terang drg. Rury.

Imunisasi polio atau PIN Polio ini dilakukan dalam dua tahap, dengan putaran pertama dimulai pada 15 Januari 2024, dan putaran kedua dimulai pada 19 Februari 2024. Dijelaskan bahwa Sub PIN Polio ini menggunakan jenis vaksin oral, yaitu noval Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2).

“Sub PIN Polio kali ini diberikan melalui oral (mulut) dengan menggunakan jenis vaksin noval Oral Polio Vaccine Type 2. Hal ini sejalan dengan upaya meningkatkan cakupan imunisasi pada anak-anak sebagai langkah pencegahan,” ujarnya.

Baca Juga :   Mahasiswa UNIMMA Adakan Kegiatan Cegah Stunting di PAUD Aisyiyah Bumirejo Mungkid

Disebutkan drg. Rury Sub PIN Polio sasarannya adalah anak-anak usia 0-7 tahun 11 bulan di Kecamatan Grabag, dengan jumlah lebih dari 8.000 anak. Sedangkan di Desa Kalikuto ini sebanyak 400 anak.

Kepala Puskesmas Grabag I mengucapkan terimakasih kepada Koramil 06/Grabag, Polsek Grabag, serta para kepala desa se-Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yang turut aktif mendampingi pelaksanaan imunisasi.

“Serta kepada para orang tua yang selalu memperhatikan kesehatan anak-anaknya, seperti hari ini yang hadir untuk mendapatkan imunisasi polio,” pungkas drg. Rury Suryani.

Dalam kesempatan itu Camat Grabag Sri Utari, S.Pd, M.M. mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kapuskemas Grabag I dan semua pihak yang mendukung kegiatan Sub PIN Polio di wilayahnya.

Baca Juga :   UNIMMA Rayakan Dengan Dukungan Maksimal untuk Inklusi Difabel Kabupaten Magelang

“Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah menumbuhkan kesadaran bahwa anak-anak kita harus tumbuh kembang dengan sehat. Karena anak-anak adalah penerus generasi bangsa yang kelak akan menjaga bangsa dan negara ini,” ucap Sri Utari. (Narwan/Red)