Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBerita4 000 Personel Gabungan Bakal Amankan Pilkades Serentak di Pamekasan

4 000 Personel Gabungan Bakal Amankan Pilkades Serentak di Pamekasan

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan bakal mengerahkan sedikitnya 4.000 personel guna mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada tanggal 23 April 2022.

Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, mengatakan bahwa ribuan personel itu merupakan gabungan dari unsur polisi, TNI, dan personel Linmas.

“Mereka ini akan mengamankan pilkades pada 602 tempat pemungutan suara (TPS) di 72 desa yang tersebar di 13 kecamatan,” ujarnya usai melaksanakan apel pengamanan Pilkades serentak di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat (22/4/2022).

Menurut dia, pengamanan pilkades serentak di Pamekasan tergantung potensinya, ada desa kurang rawan, rawan, dan sangat rawan, semuanya telah dipetakan dengan sistem pengamanan TPS.

Baca Juga :  Pemasangan Portal Jalan Menuju Gardu Induk PLN Genteng Berbuntut Panjang

“TPS yang sangat rawan akan diamankan oleh dua orang personel TNI, empat personel polisi dan dua personel Linmas,” tuturnya.

Adapun rinician personel itu yakni, dari unsur polisi sebanyak 1.879 personel, dari unsur Linmas sebanyak 1.204 personel, dan tambahan dari TNI sekitar 1.000 personel yang meliputi kodim 0826/Pamekasan, BKO dari Kodim 0827/Sumenep, Kodim 0828/Sampang, Kodim 0829/Bangkalan, juga 516 BJ, Subdenpom V/Brawijaya.

Baca Juga :  BRI Cab Pamekasan Apresiasi Program Pemkab Pamekasan tentang Beri Makan kepada Lansia Sebatangkara

Sekdakab Pamekasan, Totok Hartono, mengimbau untuk desa yang masih sengketa untuk didinginkan terlebih dahulu dan menjaga kondusiviitas. Mengingat, pesta demokrasi tingkat desa kali ini berlangsung dalam bulan suci ramadhan.

“Kita jaga kondusifitas dan keamanan Pamekasan bersama-sama, untuk desa yang masih sengketa kita colling down dulu, ketidakpuasan kita pasrahkan kepada aparat hukum,” ucap Totok.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan bakal menerjunkan sebanyak 674 orang tenaga kesehatan untuk mendukung pelaksanaan gelaran pilkades serentak. Dari total jumlah tenaga kesehatan, 602 orang akan bertugas di masing-masing tempat pemungutan suara, sedangkan 72 orang sisanya di lokasi penghitungan suara atau masing-masing desa.

Baca Juga :  DPRD Kota Tidore Study Banding di Morotai, Ini Yang Dibahas

Selanjutnya untuk desa yang dinilai rawan, seperti Desa Taraban, Kecamatan Larangan dan Desa Bujur Barat, Kecamatan Batumarmar, juga Desa Bangkes kecamatan Kadur, aparat akan melakukan penambahan pasukan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semula, pilkades serentak di Kabupaten Pamekasan pada tanggal 23 April 2022 yang seharusnya 74 Desa menjadi sebanyak 72 desa, sedangkan dua (2) desa terpaksa ditunda, karena belum memenuhi persyaratan pilkades. (Mz/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News