12 Kelompok Tani Terima Bantuan Mesin Pengering Padi dan Jagung

OKU Selatan,Wartaterkini.News–Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan Oven Vertikal Dryer ( mesing pengering) padi dan jagung kepada 12 kelompok tani.

Mesin pengering yang diterima kelompok tani tersebut berkapasitas 6 hingga 10 ton. Bantuan ini diterima oleh kelompok tani yang telah mengajukan permohonan bantuan kepada Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian OKU Selatan Ir. Asep Sudarno. M. Si melalui kepala bidang tanaman pangan, Firmansyah, S.P di ruang kerjanya, Senin 17 Desember 2018.

Dikatakannya, bantuan ini bersumber dari Dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Kementerian Pertanian Rebublik Indonesia melalui usulan permohonan kelompok tani yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid 19, Mahasiswi Pasang Spanduk dan Bagikan Masker

Firmasyah menjelaskan, bagi kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan secara langsung dari kementerian, segera membuat usulan yang ditujukan kepada Dinas Pertanian OKU Selatan. Selanjutnya Dinas Pertanian akan mengajukan permohonan kepada Kementerian Pertanian untuk mendapatkan bantuan Oven Vertikal Dryer tersebut.

Untuk tahun 2019 mendatang Dinas Pertanian telah mendata kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan ini. Hal ini dilakukan untuk menambah jumlah bantuan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian agar sesuai dengan jumlah kelompok tani di OKU Selatan.

“Semoga saja pada tahun mendatang bantuan dari kementerian akan bertambah, sehingga bisa meringankan dan melancarkan usaha para petani padi dan jagung dalam melakukan pengeringan hasil panen mereka”, harap Firman.

Baca Juga :  Dampak Covid-19, Kesedian Pangan di OKU Selatan Aman

Kelompok Tani Bina usaha Desa Negeri Agung salah satu yang mendapatkan bantuang Oven Vertikal Dryer tersebut. Melalui Sukirno, Kepala Desa Negeri Agung menuturkan jika masyarakat Desa Negeri Agung sangat berterimakasih kepada Pemerintah daerah OKU Selatan dalam hal ini Dinas Pertanian OKU Selatan.

“Selama ini masayarakat di desa kami sangat susah pada saat sedang mengeringkan hasil panen mereka, apalagi pada saat musim penghujan. Proses pengeringan bisa memakan waktu hingga satu minggu lebih dengan resiko terkadang hasil panen mereka mengalami pembusukan”, ujar Sukirno.

Baca Juga :  Sekda Sumse Pimpin Rapat Percepatan Hibah Lahan Yayasan Islam Siti Khadijah

Dengan adanya bantuan Oven Vertikal Dryer tersebut masyarakat sangat berterimakasih karena kehadiran mesin tersebut masyarakat mendapat solusi untuk masalah pengolahan hasil panen mereka. Saat ini 50 persen masyarakat Desa Negeri Agung sudah beralih menjadi petani jagung.

Adapun untuk masalah pengelolaan operasional mesin pengering tersebut semuanya akan diserahkan kepada kelompok tani. Apakah mereka akan membebaskan biaya operasioal atau menarik iuaran kepada masyarakat yang ingin mengeringkan hasil panen mereka, sebagai tambahan modal kelompok.

“Semua kebijakan mengenai pengelolaan pengoperasian mesin pengering tersebut, kami serahkan kepada masing – masing kelompok tani yang menerima bantuan tersebut. ” Tutup Sukirno (Jamhuri/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini