11 Km dari Kotabumi, Pagi ini Gempa 4,4 SR Guncang Lampung Utara

Lampung Utara,Wartaterkini.News– wartaterkini News. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa 4,4 Skala Richter (SR) terjadi di Lampung Utara, Senin (21/1/2019). Gempa tercatat terjadi pukul 06.16 WIB dengan kedalaman 181 km.

Posisi gempa 4,9 lintang selatan dan 104,7 bujur timur. Posisi gempa itu berada 11 km barat daya dari Kotabumi, ibukota Lampung Utara. Belum didapat informasi apakah terjadi kerusakan bangunan atas gempa tersebut.

Baca Juga :  Dukung Ibu Kota Baru, PLN Siapkan Dua Gardu Induk

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi, Anton Sugiharto, ditinjau dari kedalaman hiposenter, kedalaman gempa bumi ini tergolong menengah akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan. Akibatnya memicu gempa bumi.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di Lampung, khususnya Lampung Utara dihimbau agar tetap tenang,” ungkap Anton.

Baca Juga :  BMKG: Rentan Longsor Picu Tsunami, Jauhi Pesisir Radius Hingga 1 Kilometer!

Menurut catatan wartaterkini.News dalam sepekan ini dua kali terjadi gempa di daratan Lampung. Pada Rabu (16/1/2019), gempa berkekuatan 2,4 SR terjadi di dekat Markas Polda (Mapolda) Lampung. Hanya berselang sejam sebelumnya, angin puting beliung juga menghantam wilayah Telukbetung, Bandar Lampung. (Rizal.As/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini