Waspada Dini Gelombang Tinggi Hari ini hingga 23 Januari 2021

oleh -459 views

Jakarta, wartaterkini.news–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini gelombang tinggi di perairan Indonesia, Jumat (22/1).

Berdasarkan Informasi yang diperoleh media ini melalui laman resmi BMKG, dijelaskan bahwa terdapat Sirkulasi siklonik di Laut China Selatan, Samudra Hindia barat daya Banten dan Samudra Hindia Selatan NTT.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 4 – 20 Knot, sedangkan di wilayah bagian Indonesia bagian selatan umunya bergerak dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 4 – 25 Knot.

Baca Juga :  Herman Deru: Jangan Ada Lagi Anak Stunting di Sumsel

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung dan Samudra Hindia selatan Banten.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Tinggi gelombang 1.25 – 2.5 Meter berpeluang terjadi di Selat Sape bagian Selatan, Selat Sumba bagian Barat, laut Sawu, perairan Kupang – Rote, Samudra Hindia selatan Kupang – Rote.

Baca Juga :  DPRD Banyuwangi Doakan Ahli waris Hj. Halimah

Sedangkan tinggi gelombang 2.5 – 2.5 Meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Sumba – Sabu.

Untuk itu, diharapkan untuk memperhatikan risiko tertinggi terhadap keselamatan pelayaran: perahu Nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 Knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal Tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 Knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang 2.5 m), kapal ukuran besar seperti kapal Kargo atau kapal Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 Knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Baca Juga :  Diguyur Hujan Sejak Pagi, Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Air

BMKG meminta kepada masyarakat yang tinggal di pesisir dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (Kevin Jorge/red)

Print Friendly, PDF & Email