Usut Tuntas Kasus Korupsi Puluhan Massa Lidik Krimsus RI Geruduk Kapolda Sumsel

oleh -173 views

Palembang, wartaterkini.news– Puluhan Massa  yang tergabung dalam  Lembaga Informasi Data Investigasi Korupsi dan Kriminal Khusus Republik Indonesia (Lidik Krimsus RI) gelar aksi damai di depan Kantor Mapolda Sumsel,  (08-08-2019).

Kordinator Aksi Sollahudin dan Kordinator Lapangan, Yoppi Mei Tahha mengatakan ada beberapa kasus dugaan korupsi serta penyalahgunaan kewenangan dan penyalahgunaan jabatan di Kabupaten OKU, OKUT, OKI yang kami laporkan Ke Polda Sumsel.

Dikesempatan yang sama, Repani Ketua  Perwakilan Kabupaten OKU Timur melalui sekretaris Liswan menjelaskan, Dugaan korupsi yang terjadi di Kabupaten OKU Timur dan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan, terkait penyalahgunaan kewenangan dan penyalahgunaan jabatan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Puri Asih (RSIA Puri Asih) dan belanja perjalanan dinas, Serta Pembayaran belanja perawatan kendaraan bermotor pada sekretariat DPRD kabupaten OKU Timur dan kasus-kasus dugaan korupsi  yang lain.

Baca Juga :  Komoditas Rempah Nusantara dan Kompetisi Perdagangan Global

“Semua itu akan kami laporkan ke Polda Sumsel”. ujar Liswan.

Sementara Ketua Lidikkrimsus RI Kabupaten OKU M. Sholihin melalui Sekretarisnya Martina Basyarudin mengatakan, Lembaga Informasi Data Investigasi Korupsi dan Kriminal  Khusus Republik Indonesia (Lidik Krimsus RI) adalah sebuah Lembaga yang bersifat independen dan dibentuk guna melakukan fungsi Pengawasan Publik atas Penyelengaraan Kinerja Pemerintah Ke arah terwujudnya Good Public Governance.

Sebagai salah satu lembaga kontrol sosial yang bermitra dengan eksekutif, legislatif dan yudikatif dalam melaksanakan peran dan fungsinya, akan terus berupaya membaur dalam kehidupan masyarakat hingga dapat menjangkau seluruh pelosok NKRI.

“Dalam melaksanakan peran dan fungsinya seoptimal mungkin untuk memposisikan diri di seluruh pelosok tanah air, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat memberikan kepedulian terhadap perolehan hak-hak akan kepastian hukum, keadilan masyarakat, serta hak-hak ekonomi dan keuangan masyarakat sesuai tupoksi dan legal standing berdasarkan undang-undang RI nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan dan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945”. paparnya.

Baca Juga :  Dinilai Menyalahi Aturan. Ketua Forum Junalis Morotai Angkat Bicara

Dipertegas Hifzon Munandar Ketua Perwakilan Lidikkrimsus RI Sumsel, “Bahwa kami Lidikkrimsus RI baik Perwakilan Sumsel maupun Perwakilan disetiap kabupaten/kota, percaya Polri akan segera menindaklanjuti Laporan –laporan kami,”ujar Hifzon.

Menyikapi tuntutan Lidikkrimsus RI, Kapolda Sumsel sangat mengapresiasi aksi Lidikrimsus RI dalam mendukung POLRI untuk mencegah dalam upaya pemberantasan korupsi Khususnya di Wilayah Sumatera Selatan.

Aksi damai tersebut di sambut baik oleh jajaran Kapolda Sumsel dan berlangsung konduksip. (Fitri/red)