Umat Keristiani Tolak Rencana Relokasi TPU Merauke

oleh -58 views

Merauke Papua, Wartaterkini.News–Bertempat di Vertenten Sai Keuskupan Agung Merauke telah dilaksanakan rapat tokoh-tokoh umat Kristiani baik Katolik maupun didominasi Gereja Kristen yg ada di Kabupaten Merauke, Senin (20-05-2019).

Rapat digelar sehubungan dengan rencana pemerintah daerah (Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Merauke) PU-Perkim untuk memindahkan 400 makam di TPU dekat Tugu Libra Merauke ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Miring. Selanjutnya, di lokasi pemakaman lama akan dijadikan ruang terbuka hijau atau taman kota.

Tokoh-tokoh umat kristiani tersebut menolak tegas rencana pemerintah terkait pemindahan makam ke lokasi yang baru, terlebih tanah bekas pemakanan nantinya akan dijadikan taman kota.

“Tidak ada yang boleh memindahkan makam yang ada karena alasan apapun, karena merupakan bukti sejarah tanah ini, oleh karena itu kita tolak secara tegas gagasan tersebut” Ujar Johanes Gluba Gebze, salah satu tokoh agama kristiani yg turut hadir dalam rapat tersebut.

Dikatakan pula oleh Johanes bahwa mereka yang terbaring dalam kubur tersebut adalah pelaku sejarah tanah ini dan sebagai generasi penerus harus meneruskan semangat mereka.

“Mereka yang terbaring di dalam kubur adalah pelaku sejarah, sehingga kita sebagai anak cucu mereka harus meneruskan semangat perjuangan mereka”. Tambah Johanes.

Dari rapat yang telah dilaksanakan, peserta yang hadir sepakat menolak dengan keras rencana pemindahan kuburan tersebut. (Sam Atbar/Red)

Print Friendly, PDF & Email