TNI-Polri Siap Kawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju

oleh -156 views

Jakarta, wartaterkini.news–Pembekalan awal Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun 2020 yang diikuti Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan Ke-57 digelar di Graha Widya Dirgantara, Seskoau Lembang, Jawa Barat, Selasa (28-07-2020).

Berbeda dari tahun sebelumnya dengan dihadapkan kondisi pandemi Covid-19, pembekalan dengan tema “TNI-Polri Bersama Komponen Bangsa Siap Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju” dilakukan secara daring.

Acara ini diikuti oleh 1.543 orang yang terdiri dari 267 Pejabat Lembaga Pendidikan TNI dan Polri. Selain itu, 1.276 Perwira Siswa atau Peserta Didik terdiri atas 214 orang dari Sesko TNI, 103 orang dari Sespimti Polri, 251 orang dari Sespimmen Polri, 499 orang dari Seskoad, 241 orang dari Seskoal dan 235 orang dari Seskoau. Kemudian Pasis Sesko TNI, Serdik Sespimti Polri, Pasis Sesko Angkatan dan Serdik Sespimmen Polri.

Kegiatan pembekalan yang dilakukan selama satu hari ini merupakan salah satu program kurikulum Pendidikan di bawah Departemen Kejuangan dengan sejumlah materi pembekalan yang diterima dari Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz, dengan Panelis Rektor Universitas Padjajaran Rina Indiastuti dan Pakar/Analis Militer dan Intelijen Susaningtyas Nefo Handayani, serta Moderator Antik Bintari.

Dalam sambutannya, Dansesko TNI Marsdya TNI Dedi Permadi mengatakan mengingat pentingnya ceramah pembekalan ini sehingga berharap seluruh peserta memperhatikan dan menyimaknya dengan baik sehingga dapat dijadikan pedoman dalam menyusun makalah seminar yang bernilai strategis guna mewujudkan peran TNI-Polri yang bermanfaat untuk mendukung tugas kedepannya dalam pembangunan nasional.

Baca Juga :  Calon Tunggal, Presiden Usulkan Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

“Tema “TNI-Polri Bersama Komponen Bangsa Siap Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju” sangat penting diangkat terkait rencana pembangunan jangka menengah Tahun 2020-2024 yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung sumber daya manusia (SDM) berkualitas serta berdaya saing,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28-07-2020).

Seperti yang dikatakan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, selaku tuan rumah sekaligus Ketua Pelaksana Proyek PKB Juang Tahun 2020 bahwa pembangunan SDM unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur, karena melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional dalam rangka terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Dalam pembangunan nasional, jelas dia, diperlukan stabilitas keamanan negara yang kondusif dan inilah tugas bersama untuk mewujudkannya didukung seluruh komponen bangsa guna mempertahankan keutuhan NKRI menuju Indonesia maju.

Baca Juga :  Eks Diskotek Milles Mall Lokasari Jakarta Barat Dilalap Jago Merah

“Disinilah, lanjutnya, peran Pasis Sesko TNI/Polri dan Sesko Angkatan meningkatkan peran TNI-Polri beserta komponen bangsa untuk mengantisipasi dan menangani berbagai ancaman serta membangun inisiatif kerja sama yang erat untuk menjaga persatuan kesatuan,” terang dia.

Dalam kesempatan ini, Susaningtyas Nefo Handayani menjelaskan bahwa penguatan SDM menuju manusia unggul memiliki korelasi erat dengan peningkatan produktivitas kerja dalam memenangkan persaingan di tengah perubahan-perubahan yang berlangsung cepat dan kompleks dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya.

Menurut dia, pembangunan SDM yang unggul meliputi tiga program diantaranya, memperkuat layanan dasar  dan perlindungan sosial melalui
pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, kualitas anak, perempuan, dan pemuda, serta tata kelola penduduk.

Meningkatkan produktivitas melalui pendidikan dan pelatihan vokasi, pendidikan tinggi, iptek-inovasi, dan prestasi olahraga.

Pembangunan karakter melalui pendidikan, pemahaman dan pengamalan agama, pendidikan kewarganegaraan, dan penguatan keluarga.

“Perlu disadari bersama bahwa kita menghadapi era perubahan yang harus dikelola dengan baik untuk mewujudkan kemajuan Indonesia. Indonesia sudah menjadi bagian dari komunitas global. Globalisasi adalah proses integrasi internasional karena pertukaran gagasan, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya,” papar wanita yang biasa disapa Nuning.

Baca Juga :  Wakil Bupati Sumba Barat Buka Sosialisasi Uji Kompetensi dan Sertifikasi Operator Alat Berat

Sementara itu, jelas Nuning, urgensi pembangunan SDM menjadi faktor kunci dalam memenangkan persaingan global yang membawa konsekuensi semakin ketatnya persaingan di tengah ketidakpastian.

Untuk itu, terang Nuning, langkah strategis ini sudah selayaknya mendapatkan dukung penuh dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk TNI & Polri.

Selain itu, sinergi TNI dan Polri sangat penting untuk stabilitas keamanan nasional. Hal ini dapat dicapai karena ada ketulusan dan keikhlasan semua pihak untuk menyatukan dua institusi besar yang memiliki kekuatan besar.

Stabilitas keamanan nasional akan mendukung program-program pembangunan nasional, termasuk pembangunan SDM yang unggul. Pasalnya, TNI-Polri sangat berkepentingan terhadap kualitas generasi muda di masa depan.

“Dengan kualitas dan nasionalisme yang mumpuni, maka akan menjadi mudah bagi TNI-Polri bersama komponen bangsa lainnya untuk bekerja sama membangun ketahanan nasional melalui pertahanan militer dan non-militer,” ujar dia.

Menurut dia, pembangunan SDM yang unggul dan kesejahteraan masyarakat sulit terwujud tanpa adanya stabilitas keamanan nasional.

“Untuk itu, optimalisasi integrasi TNI-Polri bersama komponen bangsa lainnya dalam menjaga stabilitas keamanan nasional merupakan kunci keberhasilan program pembangunan SDM yang unggul, serta terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” kata dia. (Sumber:Infopublik)

Print Friendly, PDF & Email