Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Tim KKP RI Tatap Muka Bersama Nelayan SKPT Morotai

oleh -116 views

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news–Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nelayan, Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tatap muka sekaligus berdiskusi bersama dengan Nelayan Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Morotai. Jumat (14-02-2020).

Diskusi yang berlangsung di SKPD Desa Daeo Kecamatan Morotai Selatan tersebut dengan mengangkat tema “Peran koperasi dan Kelembagaan Nelayan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Pulau Morotai”

Hadir pada kesempatan itu, Tim KKP RI dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI diantaranya Plt Dirjen PRL Aryo Anggoro,Kepala BRSDM Syarif Widjaya, BPK Syamsudin, Irbid I, Itjen KKP Darmadi, Karo Keuangan Cipto H Prayitno serta para Kepala Bagian (Kabag) dan Staf BPK RI dan KKP.

Hadir juga, Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Forkompimda Kabupaten Pulau Morotai, Kepala Karantina Pulau Morotai Abdul Qadir, Asisten II Kantor Bupati Plt.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pulau Morotai Suryani Antarani, Asisten III Pulau Morotai Rina Ishak, Pabung Kodim Persiapan Morotai Mayor Kav Calter Purba, Kabag Ops Polres Morotai AKP Didik C.B, Para Staf Ahli Kantor Bupati Pulau Morotai, Para Pimpinan SKPD serta para Nelayan yang tergabung dalam Koperasi Nelayan.

Baca Juga :  Peringati HUT RI Ke-74. Pemda Morotai Gelar Upacara Taptu dan Pawai Obor

Mengawali acara pembukaan, sebelum diskusi dimulai, Bupati Benny Laos menyampaikan bahwa saat ini kita kedatangan tamu yang sangat penting, yakni Tim KKP dan BPK RI untuk memeriksa keuangan negara di SKPT Morotai.

Lanjut Benny, Nelayan adalah pahlawan keluarga sekaligus pencipta lapangan kerja, untuk itu kehadiran Pemda bekerja sama dengan KKP untuk membantu para nelayan dan keluarganya di Kabupaten Pulau Morotai.

Selain itu, Pemda Morotai juga memberikan safety keselamatan dan asuransi terhadap nelayan, karena nelayan sangat penting bagi Pemerintah berdasarkan Program Nawacita Presiden RI.

Baca Juga :  Diskominfo Prov.Sumsel Bersama YSKI Gelar Sosialisasi Kanker

Disamping itu, Benny berharap apabila ada keluhan-keluhan dari para nelayan silahkan sampaikan di diskisi nanti bersama Tim KKP RI.

Pada kesempatan yang sama, Plt.Dirjen PRL KKP RI mengatakan, berdasarkan arahan Presiden RI bahwa dalam transformasi kelautan, nelayan harus di sejahterakan.

“Kita harus gunakan alat tangkap yang ramah lingkungan agar supaya tidak merusak ekosistem laut dimana tempat ikan itu hidup”.terangnya

Pihaknya bakal melaporkan kepada Menteri KKP untuk menambah sarana dan prasarana dalam meningkatkan hasil perikanan di Kabupaten Pulau Morotai.

“Saya harap kerja sama antara Pemda Morotai dan KKP RI dapat meningkatkan taraf hidup nelayan sehingga dapat menambah devisa daerah”.pungkasnya

Kepala BRSDM KKP RI juga menambahkan bahwa bekerja sebagai nelayan bisa dilakukan regenerasi putra putri daerah. “Kami bakal menyediakan sekolah untuk anak nelayan, dari masuk sekolah hingga lulus dengan biaya gratis ditanggung negara”ujarnya

Baca Juga :  Operasi Patuh Jaya di Gelar Polda Metro Jaya Selama 14 Hari, Mulai 29 Agustus 2019

Lanjut dia, saat ini kami mempunyai 3 sekolah di Indonesia, diantaranya di Kota Bitung, Kota Ambon dan Jakarta, semua sekolah diutamakan 75 persen praktek.katanya

“Perlu juga diketahui, bahwa hampir seluruh organ ikan tersebut mempunyai manfaat yang belum diketahui, misalnya kepala Ikan Tuna dan Kulit Ikan Tuna bisa di buat dompet”.jelasnya

 

Sebelum sesi tanya jawab, diskusi itu dimulai, Auditor Utama BPK RI menyampaikan tujuan kedatangannya dalam rangka melakukan pengecekan serta pertanggungjawaban dari KKP.

“Bantuan yang telah disalurkan kepada Pemda Morotai apakah sudah sampai ke sasarannya dan apakah sudah digunakan sesuai dengan fungsinya”.tambahnya

Selanjutnya, dilanjutkan dengan diskusi sesi tanya jawab, kemudian penyerahan Kapal Tangkap Ikan 3 GT sekaligus alat tangkap sebanyak 85 Unit Kapal dan 2 Unit Sepeda untuk Koperasi Nelayan.  (Endi/red)

Print Friendly, PDF & Email