Terkait Permasalahan Tanah Warganya, Ini Kata Kepala Desa Suandala

oleh -228 views

Suandala Buton, wartaterkini.news-Saat kunjungan wartaterkini.news pada Jum’at (11-10-2019) dalam sesi wawancara bersama kepala desa Suandala di Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton.

Janaena menyampaikan keluhannya terkait permasalahan warganya yang telah lama diupayakan untuk mencari jalan keluar namun tidak kunjung terselesaikan.

“Telah banyak pihak yang kami mohonkan bantuannya untuk membantu mediasi permasalahan yang kami hadapi namun belum juga ada jalan keluarnya.”ujar Janaena.

Baca Juga :  Kementrian PUPR Gelontorkan Dana 6 M Untuk Pembangunan Perumahan Desa Peteteaa Pada 2018 Lalu 

Adapun permasalahan yang dihadapi  berkaitan dengan lahan masyarakat Desa Suandala yang tanpa sepengetahuan mereka ternyata lahan tempat mereka berkebun dan lahan kosong yang adalah hak milik mereka, telah berada dan masuk dalam konsersi Ijin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Karya Mega Buton

Hal ini membuat warga jengah hingga warga bersama Kepala Desa Suandala, Janaena, berusaha menghentikan kegiatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan pada waktu itu.

Baca Juga :  PSBB Kabupaten Gowa Disetujui

Masalah ini sempat juga diceritakan dan dibantu oleh pihak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) namun belum juga membuahkan hasil.

Masyarakat Desa Suandala berharap agar pihak perusahaan dalam hal ini, PT. Karya Mega Buton (KMB) segera berkomunikasi dengan warga agar menemukan titik temu yang dapat menjadi kesepakatan ketika perusahaan mulai produksi nanti. (fianus Arung/red)

Print Friendly, PDF & Email