Terjerat Kasus Korupsi, Mantan Kepala Desa Karang Asih Ditetapkan Jadi Tersangka

oleh -8.035 views

Bekasi Jawa Barat, wartaterkini.news–Mantan Kepala Desa Karang asih Kecamatan Cikarang Utara Asep Mulyana ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bekasi. Pasalnya Ia diduga melakukan tindak penyalahgunaan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2016 lalu.

Angga Dhielayaksya Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kabupaten Bekasi mengungkapkan pada tahun anggaran 2016 saat tersangka menjabat sebagai Kepala Desa Karang asih dari total APBDes Rp 3.083.879.000 hampir seluruh anggaran desa diduga telah dikorupsi hingga mencapai lebih dari Rp 1 Miliar.

Baca Juga :  Ramadhan 1440 H, Keluarga Besar Partai Golkar Buka Puasa Bersama Jokowi-JK

“Jika melihat kerugian negara yang sampai Rp1 miliar dari total anggaran Rp 3 miliar, ini tentu nilai korupsi yang disignifikan. Jadi bukan satu dua kegiatan melainkan keseluruhan dari APBDes 2016 itu,” ungkapnya kepada awak media, Senin (9-12-2019).

Motif yang dilakukan mulai penggelembungan anggaran hingga proyek fiktif demi keuntungan pribadi dari sejumlah kegiatan pengerjaan infrastruktur serta program pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  Hidup Sehat, Asisten I Setda Morotai Ajak Lestarikan Makanan Lokal Alami

“Anggarannya itu bersumber dari alokasi dana desa, dana desa sampai bantuan dari provinsi. Anggaran di desa tersebut 60 persen peruntukannya pembangunan dan 40 persen untuk pemberdayaan. Kebanyakan itu korupsinya di yang 60 persen meski ada juga yang di 40 persen”.pungkas Angga Dhielayaksya. (Eka/red)

Print Friendly, PDF & Email