Tarekat MSC Merauke Dirikan SMA Entrepreneurship Chevalier Anasai

oleh -250 views

Merauke Papua, wartaterkini.news– Dalam upaya turut serta meningkatkan mutu pendidikan, Tarekat Misionaris Hati Kudus Yesus atau yang dikenal dengan sebutan para Misionaris MSC dengan semboyan Ametur ubique terrarum, Cor Jesu Sacratissimum in aeternum (Semoga Hati Kudus Yesus dikasihi di seluruh dunia, selama- lamanya) mendirikan sebuah Sekolah Menengah Atas ( SMA) Entrepreneurship Chevalier Anasai.

Tarekat MSC didirikan Beato Jules Chevalier (1824-1907) pada 1854 di Issoudun, Perancis. MSC masuk ke Indonesia pada 28 November 1903 di Langgur, Kei Kecil, Maluku Tenggara. Dua misionaris perdana MSC di Indonesia adalah Pastor Mathias Neijens MSC dan Pastor H. Geurtjens MSC. Kemudian ke Merauke dan berkarya hingga kini.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel: Solidaritas Antar Anggota DPRD PAN Demi Pelayanan Masyarakat

SMA Entrepreneurship Chevalier Anasai merupakan salah satu karya bidang pendidikan yang menjadi option MSC khususnya Regio Merauke Papua sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian Tarekat MSC dalam mengasah dan meningkatkan lifeskill anak-anak Papua khususnya wilayah selatan.

P. Dr. Alo Batmianik, MSC selaku kepala sekolah mengatakan bahwa, SMA Entrepreneurship Chevalier Anasai hadir di bumi Anim Ha sebagai bentuk tanggung jawab gereja dan tarekat menjawab permasalahan daerah khususnya untuk mempersiapkan anak-anak muda Papua untuk bersaing dengan teman dari daerah lainnya.

“Sekolah ini didirikan sebagai wujud tanggung jawab gereja dan tarekat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak muda Papua agar dapat bersaing dengan rekan dari luar daerah,” Ungkap P. Dr. Alo Batmianik, MSC saat ditemui Selasa (11-06-2019) di SMA Entrepreneurship Chevalier Anasai.

Baca Juga :  KEK Likupang Berbenah, Kunci Dasar Pada Kelengkapan Infrastruktur

SMA yang baru saja didirikan oleh Tarekat MSC tersebut sudah mulai melakukan aktivitas layaknya sekolah lain. Saat ini Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019/2020 telah dibuka dan tenaga pengajarpun sudah siap. Untuk tenaga pengajar direkrut dengan sistem wawancara dan presentasi keilmuan.

Adapun Visi dari SMA Entrepreneurship Chevalier Anasai adalah Unggul dalam Ilmu dan Iman, Mandiri dan Kreatif dalam keterampilan serta tulus dalam berbagi. Ini merupakan karya besar yang lahir dari keprihatinan terhadap penyakit zaman sebagaimana oleh Pendiri Tarekat MSC mengatakan bahwa, it is by the heart that we are sonething” dari hati, dan kita menjadi sesuatu”. Ujar P. Dr. Alo Batmianik, MSC.  (S. Atbar/Red)