Tahun Depan DPMD Morotai Bakal Terapkan Kalender Desa

oleh -1.322 views

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news–Tahun Depan 2020, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai Bakal menerapakan Kalender Desa untuk mensingkronisasi semua item kegiatan di desa se-Kabupaten Pulau Morotai. Rabu (04-12-2019)

Hal ini disampaikan langsung Kepala Bidang Pemerintah Desa DPMD Kabupaten Pulau Morotai Firdaus Samad, S.Sos kepada media ini usai Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa, Perangkat Desa dan Ketua BPD yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Pulau Morotai.

“DPMD Kabupaten Pulau Morotai di tahun depan itu ada program yang namanya Kalender Desa, karena problemnya diakhir-akhir ini untuk melakukan tahapan-tahapan realiasi program itu sering melewati batas-batas waktu yang telah di tentukan”.ujarnya

Lanjut dikatakan, Program Kalender Desa ini bertujuan untuk mensingkronisasi semua item kegiatan baik di desa maupun di BAPPEDA terkait dengan Musrembang Desa.

Baca Juga :  Bupati OKU Raih Penghargaan The Leader Of Technology

“Kalender Desa ini mulai dari tanggal 1 januari 2020 sampai dengan tanggal 31 desember 2020 semua program kegiatan desa sudah tertuang di dalamnya, jadi tahun depan tiap-tiap desa melakukan kegaitan itu acuannya sudah ada di Kalender Desa”.terangnya

Firdaus menambahkan, perlu diketahui bahwa kegiatan Rakor Kepala Desa, Perangkat Desa dan Ketua BPD yang dilaksanakan pada hari ini adalah untuk mengevalusi kegiatan dan program di tahun 2019 dan singkronisasi program di tahun 2020.

Hal yang di evaluasi adalah kegiatan-kegiatan di desa sejauh mana desa telah melakukan kegiatan dan program yang melekat di APBDes. “Misalnya Pembangunan Dapur Sehat dan Rumah Tidak Layak Huni maupun kegiatan lain seperti Penerangan Jalan”. tuturnya

Baca Juga :  Parosil Senam Literasi Bersama Pelajar SMP N 1 Liwa

Sementara hal yang di singkronkan di tahun depan adalah terkait Kebijakan Pemerintah Pusat yang termuat dalam Permendes No.20 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan Kebijakan Pemerintah Daerah terkait Dapur Sehat, Rumah Tidak Layak Huni, Bantuan-bantuan material pembangunan rumah masyarakat dan lembangunan lenerangan jalan Desa yang tahun ini belum selesai bakal diselesaikan di Tahun Depan.

Kegiatan Rakor ini merupakan kegiatan rutin DPMD Kab.Pulau Morotai dan setiap tahun dilaksanakan di masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Pulau Morotai.

Dirinya mengakui saat ini kendala yang sering dialami di tiap-tiap desa yaitu Pertanggungjawaban Keuangan Desa makanya pada kegiatan rakor ini DPMD mengundang Inspektorat Morotai untuk menyampaikan materi dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pulau Morotai juga memberikan materi, dalam rangka pembobotan peningkatan aparatur terkait dengan Peningkatan Pelaporan Sistem Pelaporan Keuangan atau Administrasi Keuangan di desa.

Baca Juga :  Dinas PPKB - PPPA Kabupaten OKU Selatan Adakan Kegiatan Advokasi dan Fasilitasi PUG

“Harapan kami bahwa ke depan, semua desa di Kabupaten Pulau Morotai itu jauh lebih baik dari sebelumnya, misalnya tertip dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban, karena dalam penyampaian laporan penanggungjawaban ini bersifat Kolektif Kolegial jadi apabila 1 desa tidak menyampaikan laporan maka hal tersebut mempengaruhi semua dalam tahapan pencairan dan pergeseran anggaran di desa”. Harapnya (Endi/red)

Print Friendly, PDF & Email