Sukseskan Peringatan Hari Nusantara di Pariaman, Kementerian PUPR Siapkan Sejumlah Langkah

oleh -3.836 views

Pariaman Sumbar, wartaterkini.newsPeringatan Hari Nusantara tinggal menghitung hari. Menyambut acara yang akan dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat, itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan akan mendukung penuh. Berbagai kegiatan pun tengah disiapkan seperti peresmian pembangunan infrastruktur dan perumahan, lomba-lomba yang melibatkan masyarakat serta berbagai atraksi dengan melibatkan pemerintah daerah setempat, TNI AL dan dinas setempat.

“Kementerian PUPR siap untuk mendukung penuh pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana saat Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Hari Nusantara di Balairung Walikota Pariaman, Sumatera Barat, Senin (18-11-2019).

Rapat Koordinasi Persiapan Hari Nusantara dibuka oleh Walikota Pariaman Bapak Genius Umar dan dihadiri perwakilan Kemenko Kemaritiman dan Investasi Kosmas Harefa dan undangan dari Kementerian/ lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat dan dinas terkait.

Baca Juga :  Galian PDAM Diduga Penyebab Kecelakaan di Jalan

Dadang menjelaskan, Peringatan Hari Nusantara merupakan sebuah event yang baik untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara kelautan dan daratan yang tidak terpisahkan. Untuk itu, Kementerian PUPR akan melakukan rapat koordinasi internal untuk pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara.

Selanjutnya pada hari Kamis tanggal 21 November 2019 di Kementerian PUPR akan d dilaksanakan rapat dengan tim pelaksanaan kegiatan seperti Kemenko Kemaritiman, Pemkot Pariaman terkait langkah kongkrit dan strategis dalam pelaksanaan sekaligus pembagian tugas antara pemerintah pusat dan daerah dan siapa bertanggung jawab atas kegiatan apa.

Kementerian PUPR akan melakukan cek ke lokasi puncak Peringatan Hari Nusantara dan mengkoordinir dengan Ditjen Sumber Daya Air dan Ditjen Cipta Karya serta TNI AL untuk melihat kelengkapan infrastruktur mengingat pelaksanaan dipusatkan di daerah pantai sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Masyaraka Sekda Provinsi Bengkulu Lantik Eselon 3 & 4

“Hasil rapat koordinasi dan survey lapangan akan dilaporkan kepada Menteri PUPR sebagai Ketua Panitia Nasional Peringatan dan Menko Kemaritiman untuk selanjutnya disampaikan ke Presiden,” terangnya.

Lebih lanjut, Dadang menerangkan, beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur dan perumahan yang telah dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.000 unit untuk masyarakat Kota Pariaman. Bantuan Program BSPS tersebut dilaksanakan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat dan tersebar di empat kecamatan di Kota Pariaman.

Setiap unit rumah yang mendapatkan dana BSPS sebesar Rp17,5 juta dimana Rp15 juta diberikan dalam bentuk bahan material dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang bangunan. Selain itu ada juga pembangunan penahan ombak di sekitar Pantai Gandariah yang akan dijadikan lokasi pusat Peringatan Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember 2019.

Baca Juga :  Wabup Budi Utomo Secara Resmi Membuka Prajabatan CPNSD Lampura

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan bahwa Peringatan Hari Nusantara dapat menjadi momentum bagi Provinsi Sumatera Barat dan Kota Pariaman pada khususnya untuk menyampaikan program pembangunan di Sumatera Barat.

Adanya bantuan bedah rumah sebanyak 1.000 unit dari Kementerian PUPR, imbuhnya, tentunya sangat membantu masyarakat Kota Pariaman agar bisa memiliki rumah yang layak huni. Program BSPS sampai saat ini masih dibutuhkan mengingat masih banyak rumah yang tidak layak huni di Pariaman.

“Bedah rumah itu menunjukkan negara hadir untuk membantu masyarakat di bidang perumahan. Pemerintah Kota Pariaman berharap kegiatan ini dapat dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Beberapa kegiatan juga sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Pariaman antara lain peletakan batu pertama pembangunan Pasar Pariaman dan kawasan pariwisata di Pariaman dan pembagian sertifikat tanah untuk masyarakat,” katanya. (pupr/red)

Print Friendly, PDF & Email