SMP 2 Sintang Tunggu SK Bupati Perihal Zona Penerimaan Siswa Baru tahun Ajaran 2019

oleh -225 views

Sintang Kalbar, wartaterkini.news– Memasuki tahun ajaran baru 2019 , pihak sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMP) mulai membuka penerimaan siswa baru. Berbagai persyaratan dan kriteria yang  disuguhkan oleh pihak sekolah untuk menjaring calon siswa di sekolah masing-masing.

Demikian halnya dengan SMP Negeri 2 Kabupaten  Sintang, Kalimantan Barat. Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sintang, Pak Lanton, menjelaskan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dibentuk untuk mempersiapkan proses pendaftaran yang akan dimulai pada tanggal 24 Juni sampai 2 Juli 2019 mendatang.

Terkait penerimaan siswa tahun ini, menurutnya masih dilakukan secara manual, namun sesuai dengan aturan di Permendikbud 51 tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, untuk tahun 2019 sampai tahun 2020 mendatang pihak SMP Negeri 2 Sintang akan melaksanakan PPDB dengan sistem zona.

“Panitia sudah dibentuk seperti biasanya dan pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 Juni sampai tanggal 4 Juli ini. Namun terkait wilayah zona ini, kita masih menunggu SK Bupati melalui Dinas Pendidikan.” Katanya, Jumat ( 14-06-2019).

Selanjutnya, dari rapat yang dilakukan Disdikbud Kabupaten Sintang diputuskan bahwa berdasarkan Permendikbud 51 tahun 2019 yang diperkuat dengan SK Bupati Sintang, untuk kuota PPDB persentase yang disepakati yakni 85 % penerimaan berdasarkan zona dan 15 % dari luar zona.

“Mengenai rapat yang kita ikuti kemarin, ada 15 persen diluar zona, yaitu 5 persen untuk siswa berprestasi dan 10 persen untuk siswa yang pindah. Tapi kita tetap menunggu petunjuk dari Disdikbud perihal aturan zona tersebut.” Terangnya.

Pak Lanton menambahkan bahwa pihaknya tidak begitu terkendala dengan rencana penggunaan dengan sistem zona tersebut.

Namun menurutnya protes bisa saja datang dari orang tua siswa yang tidak setuju dengan sistem zona tersebut.

Dikatakanya sudah ada beberapa orang tua yang menanyakan perihal waktu mulai mengambil formulir pendaftaran.

“Tahun ini pendaftaran siswa SMP sudah mulai menggunakan sistem zona sekolah”. Jelasnya.  (Christian Bostang/Red)

Print Friendly, PDF & Email