Rapat Paripurna Ke-VIII DPRD PALI Digelar Melalui Video Conference

oleh -334 views

PALI Sumsel, wartaterkini.news–DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar sidang paripurna ke VIII terkait LKPJ Bupati PALI TA 2019 di Gedung DPRD, Kamis (30-04-2020). Namun rapat paripurna kali ini cukup berbeda, sebab dilakukan secara online melalui video conference (vidcon).

Suasana rapat terlihat tak seperti biasanya, karena jumlah yang hadir di ruang paripurna sangat dibatasi. Hanya terlihat pimpinan dewan dan anggota dewan. Total anggota dewan yang hadir berjumlah 16 orang, sedangkan yang lain hanya tersambung melalui aplikasi zoom.

Termasuk juga para petinggi pemerintah daerah hingga unsur Forkompinda, semuanya terhubung dengan saluran aplikasi yang sama dari kantor dinasnya masing-masing. Juga di dalamnya Bupati Ir., H. Heri Amalindo beserta Sekda Syahron Nazril, mengikuti rapat paripurna melalui vidcon di ruang rapat Pemkab PALI.

Baca Juga :  Kembali Turun Ke Jalan, Guru Honorer Tagih Janji Bupati Bekasi

Kendati tidak dalam satu ruangan yang sama, namun rapat paripurna berjalan cukup tertib dan lancar. Bahkan saat dibacakan keputusan DPRD PALI tentang LKPj Bupati TA 2019, para peserta paripurna tampak serius memperhatikan.

Ketua DPRD PALI Asri AG saat memimpin sidang menyampaikan, permohonan maafnya tidak bisa mengundang secara langsung rapat di ruang paripurna di karenakan situasi saat ini di Kabupaten PALI tengah dilanda bencana nonalam, yakni adanya pandemi Covid-19. Sehingga rapat paripurna DPRD tidak berjalan seperti biasanya.

Dalam penyampaian rekomendasi LKPJ Bupati PALI tahun anggaran 2019, Ketua Pansus DPRD PALI, H Zuliardi memberikan apresiasinya terhadap kinerja Pemkab PALI atas capaiannya dibeberapa sektor.

Ketua Pansus mengakui dalam kinerjanya, kegiatan pansus masih kurang optimal, karena ditengah pandemik Covid-19. Meski kurang optimal namun Pansus merekomendasikan pada beberapa sektor.

Baca Juga :  Terkait Kebutuhan Pangan, Bupati OKU Selatan Ikuti Video Conference

Diantaranya agar pemerintah memperjuangkan atau mengusulkan peningkatan status jalan produksi yang menghubungkan ibukota Talang Ubi dengan Kabupaten Musi Rawas menjadi jalan provinsi atau jalan nasional. Demikian juga halnya dengan ruas jalan yang menghubungkan desa Talang Akar dengan Kabupaten Muba.

Pembangunan dan pengembangan dermaga-dermaga sungai yang menjadi akses masyarakat.

Meningkatkan kualitas maupun kualitas jalan-jalan produksi seperti jalan menuju persawahan desa Pengabuan, jalan Kukui dan jalan-jalan di daerah transmigrasi.

Penyediaan angkutan massal yang dapat menghubungkan ibukota provinsi yang dikelola Perusahaan daerah.

Setelah penyampaian hasil kerja Pansus, dilanjutkan penandatanganan rekomendasi Pansus oleh ketua DPRD PALI disaksikan seluruh ketua fraksi dan anggota dewan.

Usai rangkaian agenda paripurna, selanjutnya pimpinan rapat mempersilahkan Bupati PALI untuk menyampaikan pandangan terakhirnya terhadap rapat paripurna dalam pembahasan LKPJ tahun anggaran 2019.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas 2019, Pemkab OKI Santuni Siswa Kurang Mampu

“Kami atas nama pemerintah kabupaten PALI menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap DPRD yang telah membahas dan memberikan masukan terhadap LKPJ Bupati PALI tahun anggaran 2019 demi perbaikan dan kemajuan kabupaten PALI”.kata Bupati.

Pasca rapat paripurna, Ketua DPRD PALI menyampaikan 3 poin besar rekomendasi Pansus terhadap LKPJ Bupati PALI tahun 2019.

“Yang pertama adalah pengelolaan kepegawaian dalam penempatan ASN, selanjutnya kepada dinas Pemdes agar evaluasi desa-desa persiapan yang sudah dibentuk agar sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku dan rekomendasi terakhir adalah supaya pemkab PALI tetap melakukan pengawasan pembangunan fisik sarana dan prasarana”.terang H Asri AG. (Dhon/Red/Adv)

Print Friendly, PDF & Email