PT. Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field Sukses Dampingi Desa Sukamulya Raih Penghargaan Proklim Utama TK. Nasional

oleh -311 views

MUSI RAWAS, Wartaterkini.news – Untuk ke 3 kalinya Kabupaten Musi Rawas mendapat penghargaan Nasional Proklim (Program Kampung Iklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan SK.401/MENLHK/PPI.0/10/2020 tentang penerima penghargaan ProKlim tahun 2020 Desa Sukamulya, Kec. Tuah Negeri menjadi satu satunya desa di Kab Musi Rawas sebagai penerima penghargaan Proklim Utama TK. Nasional, bangganya tahun ini Kab.Mura mendapatkan 2 penghargaan yaitu apresiasi pembina proklim untuk kepala daerah dan penghargaan untuk proklim utama desa sehingga tahun ini gelar double winner di raih oleh Kabupaten Musi Rawas dengan bentuk penghargaan trophy, sertifikat dan insentif.

Penghargaan Proklim oleh KLHK ini diumumkan pada Acara Puncak Festival Iklim Tahun 2020 yang digelar secara virtual oleh KLHK dari Gedung Manggala Wanabhakti, Jum’at (23/10/20).

Hadir dalan acara tersebut H Ahmad Rizali selaku Pjs Bupati Musirawas ,Teddy Lazuardy selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musirawas,Bambang Haryanto, SH . MH formalities staff Legal and Relation PT Pertamina EP asset 2 pendopo Field, Kepala Desa Suka Mulya Kecamatan Tuah Negeri, ikut menyaksikan langsung acara puncak serta penyerahan penghargaan Proklim secara virtual, dari Ruang Replika rumah adat Pemkab.

Baca Juga :  HMI Cabang Baturaja Periode 2019-2020 Resmi di Lantik

Dalam penyampaiannya H Ahmad Rizali mengatakan “Alhamdulillah kita bersyukur tahun 2020 ini Musi Rawas Mendapatkan apresiasi penghargaan progam kampung Iklim utama TK Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, ini merupakan komitmen Pemerintah Kab. Musi Rawas untuk menjaga lingkungan hidup dari kerusakan dapat terlihat, kegiatan pengurangan perubahan iklim yang beberapa tahun belakangan dalam skala nasional Kab Musi Rawas ikut andil.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mura, Teddy Lazuardy melalui Kabid Tata Lingkungan, Jalin Elsaprike mengatakan, Alhamdulillah Kabupaten Mura tahun ini mendapat Double Winner penghargaan dan Tropy ProKlim Utama lomba Festival Iklim tahun 2020 yang dilaksanakan oleh KLHK RI. Pertama untuk Bupati Mura, H Hendra Gunawan yang atas dedikasinya dan dukungan yang begitu kuat dalam pembinaan Desa Suka Mulya selama mengkuti Festival Iklim tahun 2020. Sehingga Desa Suka Mulya juga mendapat Tropy ProKlim Utaman,

Baca Juga :  Ada Tiga Sumber Pembiayaan Ibu Kota Baru, APBN Diproyeksi Menanggung 19,2%

Masih disampaikan oleh beliau, perolehan apresiasi ini tidak terlepas dari dukungan penuh PT. Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field, dedikasi PT. Pertamina terhadap lingkungan hidup dapat kita acungi dua jempol, mereka selalu mendampingi aksi masyarakat di desa Sukamulya untuk mengurangi perubahan iklim, banyak peralatan yang Pertamina berikan untuk masyarakat, dari kami atas nama pemerintah Kabupaten Musi Rawas Mengucapkan terimakasih yang tak terhingga untuk PT. Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field”kata Jalin, kepada awak Media

Desa Suka Mulya memang memiliki keunikan tersendiri dari desa-desa lainnya, selain mahar pohon sebagai hukum adat itu yang telah menjadi kearifan lokal. Jika hal yang sama itu diterapkan di 186 desa dan 13 kelurahan dapat dibayangkan tentu Kabupaten Mura bisa jadi daerah yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu menurut Bambang Haryanto, SH . MH formalities staff Legal and Relation PT Pertamina EP asset 2 pendopo Field Mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Musi Rawas yang telah mempercayai kami untuk mendampingi Desa Sukamulya dari tahun 2017-2020 dalam aksi nyata perubahan iklim dan hari ini merupakan puncak keberhasilan kami sebagai pendamping Proklim di wilayah kerja kami yaitu Pendopo Field, capaian Keberhasilan tersebut kami raih bersama DLH Musi Rawas dalam waktu tidak singkat, kedepannya kami tentu tidak berpuas diri karena, masih ada tahapan yang lebih tinggi diprogram proklim ini yaitu program Proklim Lestari jadi kami dari Pertamina tetap berkomitmen untuk melakukan pendampingan lanjutan kepada desa Sukamulya agar bisa mencapai program proklim yang lebih tinggi lagi yakti program proklim lestari, upaya tersebut harus kita lakukan bergandeng tangan secara bersama-sama, berusaha bersinergi dengan masyarakat desa Sukamulya dan DLH Musi Rawas.

Baca Juga :  Lalai Gunakan Masker, Puluhan Orang Terjaring Operasi Yustisi Di Kabupaten Bekasi

Sebagai informasi, Festival Iklim 2020 mengambil tema “Penguatan Aksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim di Masa Pemulihan Pandemi COVID-19”, dengan maksud agar mendorong pelaksanaan aksi nyata pengendalian perubahan iklim di Indonesia. (ian/Red)

Print Friendly, PDF & Email