Program PWI Goes To School Dapat Applouse Positif Dari Bupati Bandung Barat

oleh -227 views

Bandung Barat Jawa Barat, wartaterkini.news–Masih dalam rangka HPN 2020 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) KBB dan MKSS menggelar kegiatan PWI KBB Goes to School untuk mencerdaskan siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di KBB dengan tema “Bijak Menggunakan Medsos sebagai Upaya Memerangi Hoaks dalam Memberikan Informasi Terkait Bahaya Menggunakan Narkoba” di Aula Masjid Ash Shidiq, Komplek Pemda Bandung Barat, Jumat (06-03-2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, dan ikut hadir Kepala Dinas Pendidikan Imam Santoso, Kepala Bidang SMP Dadang A. Sapardan, Kepala Sekolah SMP se-Bandung Barat, dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) KBB, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) serta ratusan siswa SMP se-KBB.

Tak hanya mendapat ilmu dan informasi, kegiatan ini diharapkan mampu membuka wawasan para siswa khususnya di tingkat SMP agar bijak dalam menggunakan media sosial, bukan itu saja kegiatan inipun turut diramaikan dengan pembagian doorprize yang secara langsung diberikan oleh Bupati Bandung Barat, diantaranya merchandise dan sepeda.

Baca Juga :  Paripurna Hut Ke-17, Gubernur Sumsel Apresiasi Pembangunan OKU Selatan

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, kegiatan ini menjadi sebuah terobosan awal yang belum pernah ada di KBB dan mudah-mudahan kegiatan PWI KBB bisa terus inovatif serta continue setiap tahunnya.

“Paling pertama, minimal memperkenalkan dulu kepada anak-anak tentang perkembangan, situasi, ataupun pemberitaan pemerintahan KBB di media selama saya menjadi bupati, dan sebetulnya acara sepontanitas seperti ini maknanya bagus untuk mendidik karakter anak,” ungkap Bupati usai mengisi acara Goes to School.

Ia mengaku sangat kagum dengan kemampuan para siswa SMP ini, para siswa dengan cepat menjawab segala pertanyaan yang diberikan, karena bagaimana anak anak berkonsentrasi yang nantinya AQ anak menjadi bagus.

“Ini salah satu langkah bagaimana melatih fokus dan kemampuan mereka dalam menangkap pemahaman yang diberikan,”ujarnya.

Baca Juga :  BNN Bandung Barat Ajak Pelajar SMP Se-KBB Jauhi Narkoba

Masih kata Umbara mudah-mudahan kedepan PWI KBB bisa terus bikin terobosan terobosan dan kompak yang positif seperti ini dan bermanfaat.

Masih di kegiatan PWI KBB Goes to School Kepala Dinas Pendidikan, Imam Santoso menyampaikan informasi-informasi yang di dapat itu adalah tanggung jawab semua pihak. Kenapa, karena kebenaran sebuah informasi yang paling punya peranan adalah mereka yang sehari-hari menggunakan medsos yaitu wartawan.

“Maka dari itu kita mengajak kerja sama PWI agar bisa membedakan mana informasi yang baik ataupun mana informasi hoaks,” ungkap Imam.

Bukan itu saja Imampun menambahkan Kalo sesuatu berada di tangan yang salah maka dampaknya akan mudorot. Tetapi kalo sesuatu ditangan yang benar maka dampaknya pun akan luar biasa.

“Maka dari itu saya sampaikan kepada anak-anak apabila ada sebuah berita, yang paling utama itu harus menyaring berita itu, jangan percaya begitu saja kepada berita yang belum pasti kebenarannya,” tuturnya.

Baca Juga :  Hasil Konferwil PWI, Agus Sudrajat Resmi Terpilih Jadi Ketua PWI KBB

Ketua PWI KBB, Heni Suhaeni mengungkapkan, kegiatan ini merupakan implementasi dari hasil raker tahun 2019 lalu.

“Ini pun merupakan bagian dari rangkaian HPN 2020,” ungkapnya.

Heni menjelaskan, talk show ini merupakan awal kerjasama PWI KBB dan Dinas Pendidikan KBB. PWI sebagai wadah para jurnalis tidak hanya menulis berita atau informasi, namun PWI juga bertugas memberikan edukasi terutama menyikapi masalah media sosial dan bahaya narkoba.

“Kedepan, kami akan membuat MoU antara PWI dan Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat dan yang paling penting kegiatan yang kami laksanakan bermanfaat untuk masyarakat,”jelasnya.

Heni menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi sinergitas antara PWI KBB, Bupati Bandung Barat, Dinas Pendidikan, dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) KBB yang telah menyukseskan salah satu program PWI KBB dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Bandung Barat, Disdik KBB dan MKKS yang telah mendukung kegiatan ini,”tandasnya. (Fajar/red)

Print Friendly, PDF & Email