Produk Halal Indonesia Berkembang di Kancah Global

oleh -76 views

Jakarta, wartaterkini.news–Inisiatif menjadikan Indonesia sebagai Muslim Center of Excellence (MCoE) membuka peluang bagi produk halal di kancah global. Dengan begitu, kesempatan produk lokal di beli oleh konsumen luar negeri semakin terbuka lebar.

“Inisiatif Unilever global untuk menjadikan Indonesia sebagai Muslim Center of Excellence merupakan inisiatif yang luar biasa. Hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi pengembangan produk halal, termasuk juga untuk pemenuhan kebutuhan pasar global Unilever di seluruh Indonesia,” kata Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dikutip melalui keterangan pers yang diterima, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga :  Wapres Bakal Hadiri Rakorda MUI se Sumbagsel

Wapres  menguraikan beberapa rencana kerja yang akan dilakukan oleh MCoE, di antaranya kolaborasi dengan civitas academica dan lembaga riset untuk menghasilkan inovasi dan produk yang dibutuhkan konsumen muslim dunia. Selain itu, pengembangan dan akselerasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum lama ini menghadapi dampak berat akibat wabah global COVID-19.

“Melalui sinergi berbagai program seperti kemitraan dengan lembaga, instansi dan asosiasi strategis sektoral lainnya, Unilever Muslim Center of Excellence ini diharapkan dapat menjadikan UMKM Indonesia kembali bergerak dan berkembang menjadi bagian  dari global value chain (rantai nilai global) khususnya produk-produk Unilever global,” ungkap Wapres.

Baca Juga :  Sekda dan Kepala OPD OKU Selatan Ikuti Video Conference Bersama BPK RI

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga mengimbau agar penguatan industri halal ini mencakup seluruh industri potensial yang ada. Selain produk yang dikonsumsi seperti makanan dan minuman, industri yang perlu mendapat penguatan di antaranya, farmasi dan obat-obatan tradisional, hasil pertanian dan produk protein, pariwisata ramah muslim, fashion (mode), kerajinan, dan produk kreatif lainnya. Sebab, industri-industri tersebut merupakan salah satu penunjang pergerakan ekonomi nasional.

“Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, pengembangan sektor potensial tersebut sangat diperlukan guna mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tegasnya.

Baca Juga :  Pengungkapan Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pembagunan Pagar Makam, Terus Berjalan

Menutup sambutannya, Wapres berpesan, agar ke depan program-program yang dijalankan oleh MCoE dapat diikuti oleh kalangan dunia usaha agar ekosistem industri halal Indonesia semakin kuat dan dapat memimpin ekonomi syariah global.

“Ke depan saya berharap, program Unilever Muslim Center of Excellence ini akan diikuti oleh pemain-pemain undustri halal global lainnya, dengan mengambil langkah yang konkret dan implementatif untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia,” pungkas Wapres. (Foto: Akun Twitter Wapres Ma’ruf Amin/infopublik)

Print Friendly, PDF & Email