Presiden Pimpin Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di TMP Kalibata

oleh -30 views

JAKARTA, wartaterkini.newsPresiden Joko Widodo pada Minggu (10-11-2019) memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur, dalam suasana hening, dibunyikan sirene selama 60 detik yang diakhiri dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak selaku inspektur upacara.

Sebelumnya, Kolonel Inf. Fredy Sianturi yang bertindak selaku Komandan Upacara terlebih dahulu memimpin penghormatan bagi arwah para pahlawan.

Baca Juga :  Presiden RI Joko Widodo Kunjungi Dermaga MuaraTaput

Setelah itu, Presiden meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Selepas upacara, Presiden meninggalkan tempat upacara dengan didampingi oleh antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, Meteri Agama Fachrul Razi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Idham Azis untuk melaksanakan tabur bunga di pusara beberapa pahlawan.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Narkoba dan Senjata Api¬†

Pahlawan tersebut di antaranya ialah BJ Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusuma, Soedarmono, hingga sejumlah pahlawan tak dikenal.

Sementara itu, kepada para jurnalis selepas upacara peringatan, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa sebagai bangsa besar yang menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan, sudah menjadi tugas kita sebagai penerus untuk turut mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan tersebut.

Baca Juga :  Presiden RI Jokowi Berkunjung ke Salib Kasih Tarutung

“Menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan, dan yang lain-lainnya,” tegas Presiden Joko Widodo. (stng/red)

Print Friendly, PDF & Email