Polres Haltim Gerak Cepat Evakuasi dan Memadamkan Api Kebakaran Kosan Jerin

oleh -209 views

Haltim Maluku Utara, wartaterkini.news – Polres Halmahera Utara (Haltim) dengan gerak cepat membantu evakuasi warga dan memadamkan api kebakaran Rumah Kosan Jerin milik Sardin Bawang di Desa Buli Asal.

Evakuasi korban kebakaran tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara, Iptu Pegi Hendra didampingi Kasat Tahti Iptu Junaidi Sawal, SH dan 50 pesonil Polres Haltim. Rabu (23/02/2021)

Kasat Sabhara melalui Paur Humas Bripka Chairil Subuh menjelaskan bahwa kebakaran Kosan Jerin milik Sardin Bawang (47) warga Desa Buli Asal hangus terbakar, kosan yang dibangun pada tahun 2007 itu bertingkat di bagian belakang dengan memiliki 16 kamar secara keseluruhan hangus ratah tanah, api cepat merembet karena kosan tersebut terbuat dari semi permanen, dengan ukuran 10 x 25 meter, tersebut banyak terbuat dari bahan mudah terbakar (kayu).

Baca Juga :  Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Labuhanbatu Bersama Forkopimda Laksanakan Operasi Pasar

Menurut Paur Humas peristiwa tersebut terjadi pada pukul 09,00 Wit kosan milik Sardin Bawang di lalap si jago merah, akibat dari kosletin listrik di kamar belakang yang kosong, Helti Saya (36) warga Wari Tobelo, yang juga keluarga dekat pemilik kosan yang tinggal di kosan tersebut mengatakan, tidak mengetahui kebakaran, karena pada saat kejadian Helti dan 2 teman kosan lainnya, Erna Babuleha (24) dan Serni Karatahi (25) sementara duduk di luar tiba-tiba api sudah membesar di kamar belakang yang kosong, saat melihat kejadian tersebut, Helti dan temannya berteriak minta tolong, dan warga setempat dengan menggunakam alat seadanya untuk memadamkan api namun tidak berhasil.

Baca Juga :  6 ASN Lingkup Pemda Morotai Kembali Dilantik

Pada saat kejadian tersebut hanya perempuan atau Ibu Rumah Tangga saja sedangkan suaminya lagi pergi kerja di perusahaan, api dapat di padamkan setelah Mobil Water Cenon milik Polres Haltim dan di tamba mobil Pemadam dari PT. Antam tiba di lokasi, namun sayangnya bangunan kosan dan isinya tidak dapat diselamatkan api begitu cepat karena banguna kosan di bangun menggunakan kayu papan.

Baca Juga :  Pasca Demo Omnibus Law, 8 Orang Aktivis Morotai Dinyatakan Reaktif Rapid Test

Akibat peristiwa tersebut, Surat berharga berupa Ijazah, Uang, Pakaian milik penghuni kosan serta alat Elektronik dan Meja Bliyard milik Sardin Bawang tidak dapat diselamatkan, karna Api keburu melahap Bangunan yang terbuat dari bahan Kayu tersebut.

Berkat kesigapan Polres, Polsek, PT. Antam dan Masyarakat Api berhasil di padamkan, tidak ada korban jiwa, untuk kerugian Materi di perkirakan mencapai Ratusan Juta Rupiah serta di duga penyebab kebakaran karna kosleting Listrik. (RAH/Red)

Print Friendly, PDF & Email