Pilkada Serentak 2020 Akan Ditunda, KPU Pematangsiantar Tunggu Perppu Yang Tak Kunjung Keluar

oleh -140 views

Pematangsiantar Sumut, wartaterkini.news–Pilkada serentak pada bulan September 2020 mendatang akan ditunda karena tidak adanya tanda-tanda akan menurunnya angka masyarakat yang terkana virus corona yang saat itu juga melanda Indonesia.

Tinggal beberapa bulan lagi, Daerah-daerah yang ada di Indonesia akan merayakan pesta demokrasi untuk memilih Walikota ataupun Bupati. Namun sepertinya semua tidak akan dapat berjalan mulus semenjak virus corona menyerang Indonesia.

Kota Pematangsiantar salah satu daerah di Indonesia yang akan merayakan pesta demokrasi tersebut juga terancam akan ditunda karena wabah virus corona yang saat ini belum ada penangkalnya.

Baca Juga :  KPU Kabupaten Tobasa Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak 2020

Keputusan di tundanya pilkada serentak tahun 2020 ini pun sudah melalui pertimbangan dan sudah disepakati oleh Komisi II DPR RI, Kementrian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu yang dilaksanakan pada Senin (30-03-2020).

Dalam pertemuan rapat kerja tersebut memutuskan empat point hasil kesepakatan yaitu melihat perkembangan pandemik covid 19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi mengedepankan keselamatan masyarakat, komisi II DPR RI menyetujui penundaan tahapan pemilihan serentak tahun 2020 yang belum selesai dan belum dapat dilaksanakan.

Baca Juga :  BPOM Sumsel Kunjungi Kabupaten OKU

Pelaksanaan pemilihan lanjutan akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara KPU, pemerintah dan DPR RI, Penundaan pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020 harus memiliki payung hukum. Maka berdasarkan hal tersebut komisi II DPR RI meminta kepada pemerintah untuk menyiapkan payung hukum baru berupa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (PERPPU).

Komisi II DPR RI meminta kepada kepala daerah yang akan melaksanakan pemilihan serentak tahun 2020 melakukan realokasi anggaran pemilihan serentak tahun 2020 yang belum terpakai untuk penanganan pandemi covid 19.

Baca Juga :  Presiden Ajak Parpol Jaga Pilkada Serentak 2020 Berjalan Aman, Damai, dan Demokratis

Akan ditundanya pilkada serentak tahun 2020 ini pun dibenarkan oleh ketua KPU Kota Pematangsiantar Daniel Sibarani yang berhasil reporter konfirmasi melalui pesan aplikasi whatssapp pada Minggu (05-04-2020) sekitar pukul 18.33 wib.

“Iya lagi menunggu Perppu”.ucapnya kepada reporter.

Sebaiknya Presiden Republik Indonesia segera menentukan Perppunya jika ingin menunda pilkada serentak tahun 2020 agar anggaran yang masih tersisa di daerah yang akan melaksanakan pilkada tahun 2020 dapat dipergunakan untuk melawan virus corona yang sedang melanda Indonesia. (Rie/Red)

Print Friendly, PDF & Email