Pesona Air Terjun Nakamura dan Sepenggal Kisah Desa Nakamura Morotai

oleh -1.022 views

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news–Pulau Morotai yang dikenal dengan sejuta kisah Perang Dunia II dan keindahan wisata pantai hamparan pasir putih panjang, Morotai juga menyimpan wisata alam yang tak kalah indah pesonanya.

Wisata alam air terjun yang terletak di Desa Nakamura Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara, sangat indah dipandang karena alam di sekitarnya masih terlihat alami dan otomatis bebas polusi lingkungan.

Salah satu wisatawan asal Daruba Anggreani ketika ditemui media, Kamis (30-07-2020) mengatakan Air Terjun Nakamura tak bosan-bosan untuk di kunjungi, karena selain keindahan air yang tercurah dari ketinggian bebatuan, air pada wisata tersebut juga sangat bersih.

“Saya sangat senang bisa berselfie dan mengunjungi Air Terjun Nakamura”.bebernya

Baca Juga :  Prabumulih Memiliki Pembangunan Jaringan Gas Terbanyak di Indonesia¬†

Disamping itu, Kepala Desa Nakamura Rusli Lomban saat disapa media pada Rabu (29-07-2020) kemarin, dia mengupas sedikit tentang letak Air Terjun Nakamura dan sepenggal kisah nama Desa Nakamura.

Menurutnya, Letak Air terjun Nakamura sangat mudah di kunjungi karena berdekatan dengan Pusat Ibu Kota Kabupaten.

“Dari pusat kota, jarak yang ditempuh menuju ke puncak air terjun hanya kurang lebih 14 atau 15 kilo meter, kalau dari Desa Nakamura jaraknya hanya 3 kilo meter saja, bahkan jalan menuju ke puncak juga sudah bagus, bisa menggunakan kendaraan roda dua (Sepeda Motor) dan bisa juga menggunakan kendaraan roda empat (Mobil)”jelasnya

Lanjut Rusli sapaan Kepala Desa memaparkan keunggulan air terjun itu, dia katakan Air Terjun Nakamura sangatlah jernih dan bersih akibat kejernihan air itu, sejumlah desa di Kecamatan Morotai Selatan bahkan sampai ke Pusat Kota menggunakan sebagai sumber air bersih (PDAM).

Baca Juga :  Manfaatkan Bumdes Untuk Pembangunan di Desa

Tak hanya itu, pada Air Terjun tersebut juga telah dilengkapi dengan Jaringan Telkomsel Internet berkekuatan 4G. “Jadi para wisatawan selain menikmati kesejukan wisata alam, mereka juga bisa sambil selfie dan live streaming”.pungkasnya

Sementara untuk sepenggal kisah, kenapa Desa tersebut diberi nama Desa Nakamaru, Rusli kembali menjelaskan bahwa, awal mulanya desa Nakamura masih disebut dusun SP2, berselang waktu yakni pada Tahun 1974 warga setempat menemukan salah satu pasukan asal Jepang yang bersembunyi di hutan tersebut.

Baca Juga :  Jamin Keamanan Destinasi Wisata, Polda Malut Kunjungi Morotai

Informasi yang dihimpun oleh Rusli, salah satu Pasukan Jepang itu di sebut Nakamura, diketahui Nakamura bersembunyi pada hutan tersebut sudah sekitar 29 tahun lamanya, akibat dari Perang Dunia II pada tahun 1944 silam dan Nakamura tertinggal di hutan tersebut.

Setelah Nakamura ditemukan, tak lama kemudian Nakamura dipulangkan ke Negara asalnya dan pada Tahun 2012 lalu, dusun SP2 dimekarkan menjadi Desa Otonomi baru, akhir dari kisah itu maka dusun tersebut diberi nama Desa Nakamura.

“Kalau kita pergi ke Desa Nakamura, hal yang paling pertama kita jumpai yakni Patung Nakamura berdiri tegak pada pertigaan jalan menuju ke Desa Nakamura”.tutupnya (Endi/red)

Print Friendly, PDF & Email