Perlahan Tapi Pasti Bukan Hanya MICE dan Sport, Sumsel Kini Andalkan Health Tourism

oleh

Palembang Sumsel, wartaterkini.news–Perlahan tapi pasti. Pasca pandemi covid-19, geliat sektor pariwisata di Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang mulai bangkit dari keterpurukan kurang lebih dua tahun belakangan ini.

Betapa tidak, kalau selama ini propinsi Sumsel menjadi tujuan wisata dengan mengandalkan paket MICE (meeting, incentive, convention and exhibition) dan sport tourism, kini Sumsel terus berbenah dan melakukan terobosan melalui Health Tourism ( Wisata Kesehatan).

Hal ini pula yang sudah dan sedang digebrak asosiasi pelaku pariwisata Indonesia (Asppi) Sumsel melalui programnya yang dikemas dengan paket-paket wisata kesehatan dengan bekerjasama dengan stake holder di sumsel seperti Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, RSMH Palembang, dan melibatakan pelaku pariwisata lainnya.

Baca Juga :  Razia gabungan berjalan Angkotan umum Di OKU Selatan tanpa Izin Trayek Ditindak

“Kita menyambut baik apa yang sedang dan sudah dilakukan Asppi Sumsel dengan mendorong percepatan dan pemulihan pariwisata di Sumsel melalui program health tourismnya,”ungkap Herlan Aspiudin selaku penasehat Asspi Sumsel yang juga staff ahli gubernur Sumsel, Senin (4/10).

Dengan begitu, lanjutnya, Sumsel saat ini bukan hanya mengandalkan MICE, Sport Tourism saja, tapi juga ada Health Tourism yang menjadi andalan dan makin dilirik wisatawan baik itu wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Targetkan Muara Belida Jadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Benih

“Untuk itu, kita perlu siapkan semua, baik itu edukasi SDM, infrastruktur maupun strategi promosi wisata,”ungkap Herlan yang kerap disapa Babe ini sembari menyebutkan bahwa Sumsel memang sangat representatif dan memiliki banyak fasilitas kesehatan berkelas.

Ditambahkan Ruda Ermansyah, Ketua Asppi Sumsel, saat ini pihaknya memang gencar melakukan health tourism. “Ini mungkin hikmah dari pandemi selama ini, berawal dari ngobrol dengan kawan-kawan dan para pelaku pariwisata di Sumsel, timbulah ide untuk menggagas program wisata kesehatan,”jelasnya didamping Bambang Darsono selaku sekretaris Asppi Sumsel

Baca Juga :  Jelang Pemilu 2019 Polres OKU Selatan Upayakan Ciptakan Suasana Politik yang Kondusif

Salah satunya, menurut Ruda, Asppi melakukan kerjasama dengan pihak kementerian kesehatan melalui RSMH Palembang. Ada program vaksin massal, program Medical Check up (MCU), dan even lainnya yang dikemas melalui program Asppi Sumsel Fair (ASF).

“Alhamdulillah sudah berjalan lancar dan ada mou dengan mitra Asspi dan mereka menyambut baik. Intinya, kita siap membangkitkan pariwisata di Sumsel melalui program anyar Health Tourism,”semangat Ruda. (Ril/Red)

Print Friendly, PDF & Email