Pengamat : Tim Hukum Nasional Bentukan Wiranto, Berpotensi Menjadi Alat Kekuasaan Baru

oleh -708 views

Jakarta Barat, Wartaterkini.news–Pengamat Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah, menilai Tim Hukum Nasional bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Berpotensi menjadi alat kekuasaan baru dan tentu kecenderungan kembali pada iklim politik Orba terbuka luas.

“Langkah Wiranto dalam membentuk Tim Hukum Nasional (THN) dengan tujuan khusus, mengkaji statemen tokoh berpengaruh yang dianggap anti pemerintah. Hal ini juga multitafsir, karena demokrasi membenarkan pemerintahan mendapat kritik dari publik”, Ujar Dedi, melalui sambungan telephone kepada Kontributor wartaterkini.news (15-05-2019)

Dedi Mengingatkan, Jika kemudian kebebasan berpendapat dibatasi dengan dalih ujaran anti pemerintah, tentu hal itu tidak baik bagi keberlangsungan demokrasi kita.

“Dengan kondisi hari ini, para elit harus menahan diri dan tidak mengeluarkan kebijakan yang memicu kontroversi”. Ujarnya

Menkopolhukam bisa saja mengembalikan kewenangan hukum pada Kepolisian dan Kejaksaan. Kedua institusi harus menjalankan undang-undang dengan kebijaksanaan. Sehingga tidak perlu ada lembaga baru yang secara kinerja sudah ada pada lembaga eksisting”. ucap Dedi mengingatkan. (Poppy Setiawan/Red)

Print Friendly, PDF & Email