Pemprov Sumsel dan Pemkab OKI Bersinergi Perbaiki Jalan Rusak

oleh -2.105 views

Palembang, Wartaterkini.News–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bersinergi memperbaiki jalan rusak yang ada diwilayah “Bumi Bende Seguguk” itu. Untuk membantu Pemerintah Kabupaten OKI dalam perbaikan jalan kabupaten, Pemerintah Provinsi Sumsel akan menggelontorkan dana sebesar Rp. 60 miliar. Demikian dengan perbaikan jalan provinsi di wilayah OKI, Pemerintah Provinsi Sumsel juga menggelontorkan lebih kurang Rp. 181 miliar dan saat ini proses tender.

Kepastian ini disampaikan langsung Gubernur Sumsel H. Herman Deru saatbersilaturahmi dengan warga Kecamatan Tanjung Lubuk di Desa Bumi Agung, OKI, dibulan Maret lalu. Kemudian, hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten  OKI, Ir. Hapis, MM., saat ditemui Tim Dinas Kominfo Provinsi Sumsel di ruang kerjanya, Kamis (2/5/2019).

Hapis  mengungkapkan, beberapa prioritas perbaikan yang akan dilakukan pihaknya pada tahun ini antara lain, ruas SP. Padang-Pampangan-Lebung Batang hingga Tulung Selapan. Di Kecamatan Lempuing antara lain ruas Lubuk Seberuk hingga Sumbu Sari. Khusus poros dalam Kecamatan Pedamaran, tambah Hafidz, juga segera diperbaiki.

“Selain itu ruas Kayuagung sampai dengan SP 1 Sumber Hidup juga akan diperbaiki. Khusus dalam Kecamatan kota Kayuagung, pengaspalan akan dilakukan disekitar stadion segitiga mas,” ujarnya.

Baca Juga :  Gubernur Ajak Wong Sumsel Rame-rame Nonton MXGP

Selain itu, lanjut Hapis, perbaikan akan dilakukan pada jalan poros SP. 1 Sumber Hidup, Kayu Labu, Talang Jaya hingga Sungai Menang. Demikian ruas Bumi Agung, Cahaya Tani, Dabuk Rejo – Catur Tunggal, Catur Tunggal, dan Cahaya Mas. Untuk di Kecamatan Tanjung Lubuk, terangnya, perbaikan dilakukan pada ruas simpang Bumi Agung hingga Tanjung Beringin.

Hapis menambahkan, program pembangunan infrastruktur di OKI saat ini difokuskan pada peningkatan pembangunan transportasi darat: jalan kabupaten, jalan antar desa, jalan poros, jalan akses perkebunan dan transportasi sungai (kapal, perahu, dermaga dan tambatan perahu), menuntaskan pembangunan jaringan listrik perdesaan, meningkatkan pasokan air bersih rumah tangga, membangunan jaringan irigasi teknis dan non teknis membangun sarana prasarana perekonomian masyarakat, Optimalisasi dana desa dan alokasi dana desa, Menata Kota Kayuagung sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota kabupate serta menyelesaikan Master plan transportasi pesisir pantai timur OKI.

“Tentunya tetap bersinergi dengan program nasional dan provinsi. Sebagai kabupaten, kami akan mempercepat infrastruktur pedesaan agar langsung dapat dirasakan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat khususnya transportasi,” terangnya.

Keluhan Warga OKI Karena Jalan Berlumpur

Warga Tulun Selapan, Pangkalan Lampam dan SP Padang terkait kerusakan jalan di wilayah mereka yang cukup parah beberapa tahun terakhir, langsung ditanggapi Pemerintah Kabupaten OKI dan Pemprov. Sumsel. Jalan rusak itu akan diperbaiki dengan anggaran yang telah disiapkan mencapai angka Rp. 32 Milyar.

Baca Juga :  Meski Pandemi, Praktek Drg Yulyananda Firasty Tetap Melayani Masyarakat Sesuai Dengan Protokol Kesehatan

Kepala Dinas PUTR OKI, Ir. Hapis menegaskan, Pemkab OKI dan Pemprov Sumsel segera melakukan perbaikan ruas jalan di Kecamatan Pangkalan Lampam – Tulung Selapan, serta ruas jalan Rambutan – Jejawi dan SP Padang OKI tahun ini juga.

“Untuk ruas jalan Tulung Selapan-Pangkalan Lampam, perbaikan diutamakan pada ruas jalan di Desa Penanggoan Duren hingga arah Desa Lebung Hitam sepanjang 4,5 kilometer. Pengerjaan ini merupakan sisa dari proyek jalan tahun 2018 lalu, dan telah dianggarkan kembali pada tahun ini melalui APBD provinsi Sumsel sebesar Rp8 miliar dan APBD Kabupaten OKI sebesar Rp5 milyar,” ungkap Hapis.

Dikatakan Hapis, perbaikan jalan ini Insya Allah dalam waktu dekat segera dilakukan karena saat ini sedang menunggu proses e-Tender.

“Melihat kondisi jalan, pengerjaan yang akan dilakukan berupa aspal untuk Desa Penanggoan Duren serta cor untuk ruas jalan Desa Lebung Hitam. Saat ini memang dilihat kondisi jalan becek karena tanah merah, tapi masyarakat jangan khawatir jalan ini akan segera diperbaiki,” tukasnya.

Baca Juga :  Maret 2019 Petani Karet Sumsel Terima Subsidi Saprodi dan Tunai

Tahun 2019 ini, lanjut Hapis, Pemkab OKI juga sudah memprogramkan perbaikan jalan dalam wilayah OKI, termasuk usulan yang disetujui Provinsi berupa perbaikan jalan Simpang Rambutan-Jejawi-SP Padang yang telah dianggarkan hingga Rp19 miliar.

“Rambutan-Jejawi itu juga akan diperbaiki oleh provinsi anggarannya sudah disiapkan, jadi total anggaran untuk perbaikan jalan di beberapa kecamatan itu sebesar Rp32 Milyar,” tandasnya.

Jalan Rusak Akibat Proyek Tol Sudah Diperbaiki

Sejumlah ruas jalan di Kota Kayuagung yang rusak akibat mobilisasi kendaraan tonase berat milik Perusahaan yang tengah membangun Proyek Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) dan Tol Pematangpanggang-Kayuagung kini sudah diperbaiki. Mulai dari Jembatan  Mangun Jaya-Kelurahan Kuta Raya-SMAN 3 Unggulan hingga Jalan Sepucuk Kayuagung kini sudah mulus beraspal.

Kepala Dinas PUTR OKI, Ir. Hapis mengapresiasi upaya konkret PT. Waskita yang memperbaiki jalan Kabupaten yang rusak akibat dilalui proyek tol itu.

Berdasar komitmen awal, menurut Hapis  perusahaan konstruksi milik negara ini memang berjanji akan mengembalikan jalan yang rusak ke kondisi semula setelah pembangunan tol selesai dikerjakan.

“Kita turut bantu pendataan ruas-ruas jalan yang rusak dan diajukan. Alhamdulilah  sudah diperbaiki Waskita,” jelasnya. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email