Pemkab dan Disdukcapil Upayakan Tak Ada Lagi Warga OI Tak Miliki Buku Nikah

oleh -66 views

Ogan Ilir Sumsel, wartaterkini.news–Pemerintah daerah Kabupaten Ogan Ilir dan Pengadilan Agama Kayu Agung bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir beserta Disdukcapil OI, menyelenggarakan itsbat nikah terpadu di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, yang diikuti sebanyak 600 pasangan suami isteri yang belum memiliki bukti akta nikah. Selasa (25-02-2020).

Program itsbat nikah gratis sudah berjalan sebanyak 4 kali, pertama kali diluncurkan pada tahun 2018, ternyata sejauh ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan yaitu 300 Sampai 600 pasang tiap tahunnya.

Baca Juga :  Tatap Muka Dengan Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kalebajeng Gowa Sampaikan Pesan Ini

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Akh, Luthfi sidang isbat nikah diberikan pada pasangan yang dulunya sudah melangsungkan prosesi perkawinan tetapi tidak tercatat oleh pemerintah karena dilakukan secara siri.

“Setelah ada penetapan dari pengadilan agama Ogan Ilir pasangan calon ini langsung dapat buku nikah. Tidak hanya itu, anak-anak mereka langsung kita buatkan akta kelahirannya. Pasangan yang ikut program ini tidak dikenakan biaya (gratis)”. Jelasnya

Baca Juga :  Konferda GAMKI Malut Digelar 5-6 Juli 2019 di Haltim

Selain itu untuk pasangan yang ingin mengikuti program ini harus melalui proses pendaftaran dan verifikasi. Setelah terverifikasi, pasangan tersebut akan menjalani sidang isbat nikah untuk mendapatkan penetapan dari Pengadilan Agama.

Pelayanan Sidang Itsbat nikah terpadu dilaksanakan oleh 5 hakim tunggal masing-masing Drs. CIK Basyir SH.,MH., Yunizar SHI., Sudarman Sag. MH. Ali Mudin S.H.I.MH dan Aswida, S.H.I., Serta 5 Panitera Pengganti. (Arman/Red)

Print Friendly, PDF & Email