Pelantikan Kepala Desa Terpilih Kabupaten OKU Selatan di Agendakan Dua Tahap

oleh -2.465 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan saat ini tengah mempersiapkan proses pelantikan kepala desa terpilih hasil pemilihan serentak.

Pemilihan serentak yang di gelar di 97 desa dari 252 desa yang tersebar di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan berlangsung pada 21 November 2019 lalu.

Baca Juga :  Bupati Ajak Sukseskan Pilkades Serentak di OKU Selatan

Hal tersebut diungkapkan Kadin PMPD, Juproni, S.Pd.I., M.S.I kepada wartaterkini.news saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (04-12-2019).

Juproni mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan acara pelantikan Kades terpilih yang telah sah ditetapkan sebagai pemenang oleh Panitia Pilkades berdasarkan UU yang berlaku.

Selain itu, Juproni juga mengatakan pelantikan kepala desa terpilih ini nantinya akan dibagi menjadi dua tahapan. Tahapan pertama di wacanakan pada akhir Desember ini sementara untuk tahapan kedua akan di laksanakan pada Januari 2020 mendatang.

Baca Juga :  Menko PMK: Kemenkes Jadi Komandan Penurunan Stunting

“Nantinya pelantikan ini direncakanan ada dua tahapan. Tahap 1 diagendakan bulan ini dan tahap 2 direncanakan bulan Januari tahun depan. Pelantikan kepala desa tahap pertama disesuaikan dengan akhir masa jabatan kepala desa yang lama, begitu juga untuk tahap kedua”. Jelas juproni.

Terkait kepala desa yang telah habis masa jabatan atau berakhir masa tugasnya, Juproni menjelaskan posisi yang bersangkutan digantikan oleh pejabat sementara (PJS) dari Kecamatan kecuali untuk calon incumbent yang tidak terpilih kembali, diberikan wewenang untuk melanjutkan tugasnya hingga berakhir masa jabatannya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email