Pelajar SMA Muhammadiyah OKU Selatan Gelar Aksi Galang Dana Korban Longsor

oleh -2.641 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Puluhan pelajar SMA Muhammadiyah 01 Muaradua yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan gelar aksi penggalangan dana untuk korban tanah longsor di Kelurahan Kisau. Aksi tersebut dilaksanakan di Simpang Tiga Tangga Batu, Senin (02-12-2019).

Ferli selaku koordinator penggalangan dana saat disambangi wartaterkini.news mengatakan tujuan dari aksi penggalangan dana tersebut untuk membantu meringankan beban korban yang terdampak tanah longsor yang terjadi di Kelurahan Kisau tepatnya Minggu sore kemarin.

“Aksi ini kami gelar semata-mata untuk meringankan beban saudara kita yang terkena longsor di Kelurahan Kisau pasca hujan deras kemarin sore”. Ujar ferli

Selain itu Ferli juga menambahkan bahwa kegiatan aksi penggalangan dana ini dilaksanakan hari ini hingga esok, yang di mulai pukul 15:00 WIB sampai dengan 17:00 WIB di tempat yang sama, di Simpang Tiga Tangga Batu.

Baca Juga :  Korban Bencana di Bengkulu Terus Bertambah, 29 Meninggal dan 13 Hilang

“Bagi para pengguna jalan yang berkendara melewati kawasan ini dapat menyalurkan bantuannya melalui aksi ini”. Tutupnya

Terpisah Awaludin, orang tua dari Joni, pemilik rumah yang terkena longsor mengatakan longsor bermula saat hujan turun dengan intensitas cukup deras dan posisi rumah terletak di bibir Sungai Komering yang juga berada di tepi jalan Tanjung Beringin tak mampu menahan aliran air yang menggenangi jalan sehingga air menerjang tiang rumah hingga patah. Hal tersebut mengakibatkan rumah Joni yang terbuat dari papan ambruk.

Baca Juga :  BPBD OKU Selatan Tanggapi Keresahan Masyarakat Terkait Suara Dentuman

Saat peristiwa tersebut terjadi, Joni beserta anaknya tengah beristirahat di dalam rumah. Beruntung dalam musibah ini tidak memakan korban jiwa. Joni dan anaknya berhasil menyelamatkan diri dari reruntuhan rumah mereka dengan cara lari ke tempat yang lebih aman.

Terkait hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah OKU Selatan, Doni Agusta, SKM.MM., saat dihubungi via phone mengatakan jika pihaknya telah meninjau lokasi kejadian sesaat setelah musibah terjadi.

“Tim TRC BPBD OKU Selatan telah meninjau lokasi sesaat setelah longsor terjadi. Rumah warga yang menjadi korban longsor berada di bibir sungai dan di tepi jalan raya. Hujan yang cukup deras mengakibatkan air menggenang karena tidak ada saluran air di sepanjang jalan tersebut. Akhirnya genangan air tersebut menghantam rumah korban yng berada tepat di tepi genangan”. Urai Doni.

Baca Juga :  Miris!!! Siswa Keroyok Guru Hingga Alami Luka di Kepala

Menanggapi kejadian tersebut, Doni menghimbau kepada seluruh masyarakat OKU selatan terutama yang bertempat tinggal di tepi sungai agar berhati-hati mengingat musim hujan telah tiba. Kondisi sungai dapat sewaktu-waktu pasang dan dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

“Kami himbau kepada masyarakat yang rumahnya di tepi sungai agar meningkatkan kewaspadaan di musim hujan ini. Hujan yang turun hampir setiap hari dapat menyebabkan air sungai meluap dan menyebabkan banjir dan tanah longsor”. Ujar Doni. (Red)

Print Friendly, PDF & Email