PDP Kota Metro Warga OKU Selatan Positif Covid-19, Ini Penjelasan Gugus Tugas

oleh -2.830 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Warga kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan pada Kamis (21-05-2020) digemparkan dengan informasi bahwa salah satu warga Desa Pagar Dewa, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan yakni (RH) bersetatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah meninggal dunia dan hasil swab dikabarkan positif terpapar Covid-19. Info tersebut beredar di media sosial facebook dan di group WhatsApp.

Terkait hal tersebut gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten OKU Selatan menggelar press conference bertempat di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten OKU Selatan ada Jum’at (22-05-2020).

Pada kesempatan ini, juru bicara gugus tugas, Marlis Abadi, SKM., mengatakan tim gugus tugas OKU Selatan menerima laporan dari BBLK Provinsi Sumsel dan memang benar berdasarkan hasil tes swab RH (52) positif terpapar Covid-19 atau Virus Corona.

“Hasil tes swab yang dikeluarkan oleh RSUD Mardi Waluyo melalui laboratorium provinsi Sumatera Selatan menyatakan RH (52) benar dinyatakan positif Covid-19”. jelas Marlis

Baca Juga :  Pelaku Jambret Yang Menyebabkan Tewasnya Siswi SMAN 1 Panai Hulu Akhirnya Di Ringkus Polisi

Dikatakan Marlis, dengan adanya hasil tes swab tersebut, Dinkes dan RSUD Muaradua melakukan langkah cepat dengan melakukan tes Swab terhadap 20 orang anggota keluarga yang kontak langsung terhadap pasien terpapar Covid-19.

Berdasarkan petunjuk dan protokol Covid-19 jika ada PDP yang positif maka keluarga PDP atau orang yang sempat berintraksi dengan PDP tersebut di ambil sempel swabnya dan dilakukan karantina secara mandiri selama 14 hari.

“Untuk sempel tes Swab pertama diambil hari ini, dan akan diambil lagi setelah 14 hari kedepan”.jelas Marlis.

Marlis juga mengatakan gugus tugas OKU Selatan menerima laporan tentang keberadaan pasien RH tiga hari sebelum meninggal dunia. Adapun riwayat perjalanan almarhum RH (52) sebelumnya pernah menjalani perawatan di RSUD Liwa lalu dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo dan terakhir di rujuk ke RSUD Ahmat Yani Metro.

Baca Juga :  Aksi Nyata KONI Peduli OKU Selatan, Serahkan Bantuan Sembako Ke Tim Gugus Tugas

Selain itu RH (52) juga menjalani perawatan selama 21 hari dan mengidap penyakit komplikasi diantarnya paru-paru dan ginjal, dan almarhum RH ini sendiri diduga terpapar covid-19 saat dirawat di RSUD Liwa. Untuk kesehariannya RH sendiri berdagang sayuran di daerah Ranau dan Liwa.

“RH menjalani perawatan selama 21 H terhitung dari 24 April sampai 4 Mei. Awalnya pasien menjalani perawatan di RSUD Liwa karena tidak ada perubahan lalu di rujuk ke RSUD Mardi Waluyo, Lampung dari tanggal 5 Mei sampai 8 Mei lalu. Kemudian pada tanggal 8 Mei,  oleh keluarganya, RH dirujuk lagi ke RSUD Ahmad Yani Metro sampai 13 Mei”. jelas Ketua Sekretariat Gugus Tugas Dony Agusta., SKM., MM.

Dony juga mengatakan berdasarkan protokol Covid-19 meski hasil swab belum keluar maka pasien PDP yang meninggal dimakamkan dengan protokol covid-19 dan hasil keputusan gugus tugas Kota Metro dan keluarga RH di kebumikan di Metro, mengingat jika pasien PDP meninggal harus segera di makamkan dan tidak boleh lebih dari 4 jam.

Baca Juga :  Puskesmas dan Bidan Desa di Kecamatan Muaradua OKU Selatan Datangi dan Pantau Para Pemudik

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan dr. Meri Astuti, MM., menghimbau masyarakat OKU Selatan terkhusus Ranau Raya untuk sementara waktu agar tidak berobat ke RSUD liwa dan sekitarnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengingat Kabupaten Lampung Barat sudah banyak yang terpapar.

Selain itu Meri juga sudah menghimbau dan mengintruksikan 4 UPTD Puskesmas yang ada di Ranau Raya untuk tidak merujuk pasien ke RSUD Liwa dan sekitarnya namun ke RSUD Muaradua.

“Kita sudah lakukan langkah-langkah pencegahan di wilayah tempat pasien Covid-19 tersebut tinggal. Termasuk untuk tidak merujuk pasien ke RSUD Liwa dan sekitarnya, tetapi di rujuk ke RSUD Muaradua dan setatus kabupaten OKU Selatan masih zona hijau”.ujar Meri. (Red)

Print Friendly, PDF & Email