OKU Selatan Segera Terapakan Sistem Monitoring dan Evaluasi Realisasi Anggaran

oleh -1.066 views

OKU Selatan Sumsel, Wartaterkini.News–¬†Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui Badan Bagian Adminstrasi Pembangunan, gelar kegiatan bimibingan teknik penginputan data sistem monitoring dan evaluasi pengawasan realisasi anggaran Kabupaten OKU Selatan tahun anggaran 2019, bertempat di aula kantor pemda OKU Selatan, Kamis (28-03-2019).

Kepala bagian Adminstrasi Pembangunan Kabupaten OKU Selatan, Zainal Muhtadin SH, MM dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan bimtek sistem monitoring dan evaluasi tahun anggaran 2019, dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 28 sampai 29 maret 2019 yang di ikuti oleh 70 orang oprator dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Zainal juga menjelaskan tentang, Sistem monitoring dan evaluasi pengawasan anggaran (SISMONTEPRA) merupakan  upaya mempermudah Organisasi Perangkat Daerah dalam menyampaikan laporan dan penyerapan serta realisasi anggaran di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tepat waktu dan pelaksanaanya sesuai dengan aturan.

Baca Juga :  HD Tegaskan Akan Kembalikan Kejayaan Lumbung Pangan Sumsel

Sistem ini juga berdasarkan keputusan Presiden RI No 20 tahun 2015 tentang evaluasi dan pengawasan anggaran pendapat dan belanja negara dan anggaran pendapat belanja daera, pada keputusan Presiden tersebut mengamatkan pada setiap Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk membentuk tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (TEPRA).

“Adapun tujuan pembentukan TEPRA di Kabupaten OKU Selatan diharapkan mampu menjadi alat dalam rangka mempercepat penyerapan, serta memastikan anggaran pendapat belanja daerah (APBD) disetiap organisasi perangkat daerah, dan terbentuknya TEPRA diharapkan dapat berpungsi dalam menimalisir masalah yang dapat meyerap anggaran”. Ujar Zainal.

Zainla Muhtadin juga menambahkan dari 17 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatra Selatan baru ada 7 Kabupaten/Kota yang sudah melaksanakan sistem tersebut, dan untuk Kabupaten OKU Selatan sendiri termasuk Kabupaten ke-8 yang akan menerapkan sistem tersebu.

Baca Juga :  PJ Kepala Desa Kota Batu Resmi di Lantik

Bupati OKU Selatan dalam sambutannya yang di sampaikan oleh Asisten Dua, Hermansah Sait mengatakan, Sistem monitoring dan evaluasi pengawasan realisasi anggaran bertujuan, untuk mempermudah Organisasi Perangkat Daerah dan Kecamatan dalam penyampaian laporan penyerap anggaran yang dilakukan secara online. Selain itu sistem tersebut juga terpantau secara realitme dan terpantau oleh Pemerintah Pusat.

“Untuk mewujutkan hal tersebut dihapkan kepada seluruh OPD agar menginput realisasi anggaran kedalam SISMONTEPRA sesuai jadwal dan target”. Pungkasnya. (Red)