OKU Selatan Menuju Kabupaten Layak Anak 

oleh -546 views

OKU Selatan Sumsel, Wartaterkini.News– Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 11 tahun 2011 tentang kebijakan pengembangan Kabupaten / Kota Layak Anak maka dari itu Badan  Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA Litbang) Kabupaten OKU Selatan, beberapa waktu lalu telah menggelar rapat dan pemaparan laporan pendahuluan dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2019-2021.

Untuk menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) harus ada Rencana Aksi Daerah (RAD) meskipun dengan jumlah anggaran yang terbatas RAD harus bisa diselesaikan pada tahun anggaran 2019 ini. Mengingat RAD sendiri merupakan dasar dari adanya KLA dan RAD sifatnya lintas sektoral karena semua OPD terkait dalam suksesnya RAD tersebut. RAD juga merupakan panduan untuk menjadi KLA.

Baca Juga :  Pilih Motif Garuda Nusantara, Presiden Awali Membatik Kemerdekaan Sepanjang 74 Meter

Terpisah Nova Susanti, SKM.,MM, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas KB dan PPPA OKU Selatan, saat disambangi di ruang kerjanya, Jum’at (05-04-2019) menjelaskan bahwa ada lima klaster konvensi hak untuk bisa menjadi Kabupaten Layak Anak yaitu dengan mewujudkan lima klaster yakni Klaster I, hak sipil dan kebebasan, Klaster II, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, Klaster III, kesehatan dasar dan kesejahteraan, Klaster IV, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, Klaster V, perlindungan khusus.

Baca Juga :  Dinkes OKI Antisipasi Satgas Terpapar Karbon Monoksida

Nova juga menambahkan bahwa KLA ini sangat penting karena perkembangan anak-anak di Indonesia begitu menyedihkan dengan sering terjadinya permasalahan yang dialami oleh sebagian besar anak-anak, baik masalah keluarga yang imbasnya ke anak – anak maupun masalah yang disebabkan oleh anak – anak itu sendiri.

Oleh sebab itu Menteri Perlindungan Anak RI memprioritaskan membentuk KLA, dengan harapan Kabupaten/Kota bisa menghasilkan anak-anak yang berkualitas dan sehat. Hal ini dikarenakan anak merupakan investasi SDM, dan anak sebagai tongkat estafet penerus masa depan bangsa.

Baca Juga :  Daerah Rawan Karhutla di Batanghari Jambi Minim Embung

Kabupaten / Kota Layak Anak adalah Kabupaten / Kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Salah satu Kabupaten / Kota yang telah mendapat predikat  Kabupaten / Kota Layak Anak yakni Kota Solo. Bahkan Kota Solo mendapat penghargaan tertinggi sebagai Kota Layak Anak.

“Terkait hal itu, Kabupaten OKU Selatan berencana akan Kaji Banding ke kota Solo, Surakarta untuk mengkaji program-program kerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Solo dalam mewujudkan Kota Layak Anak”. Pungkas Nova  (Red)