O2SN Kecamatan Muaradua Libatkan 328 Atlet

oleh -328 views

OKU Selatan Sumsel,Wartaterkini.News– UPTD Dinas Pendidikan OKU Selatan gelar lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N) Jenjang SD Tingkat Kecamatan Muaradua. Kegiatan tersebut bertempat di lapangan SDN 04 Muaradua, Selasa (26-03-2019).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan atau yang mewakili, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Muaradua, Kepala Bidang Pembinaan Disdik OKU Selatan, Pengawas wilayah Kecamatan Muaradua, Para Kepala Sekolah di lingkungan Kecamaran Muaradua dan seluruh siswa yang mengikuti kegiatan.

Ketua panitia pelaksana OSN,O2SN,FLS2N, FL2N, Karsadi, S.Pd., dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Muaradua. Pada kegiatan tahun ini diikuti sebanyak 22 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Muaradua, dengan jumlah peserta sebanyak 503 orang yang terdiri dari Atlet sebanyak 328 siswa dan official atau pelatih sebanyak 175 orang.

Dari berbagai cabang olahraga dan seni yang dilombakan pada kegiatan ini, para pemenang nantinya akan diuji kembali kemampuannya pada ajang O2SN dan FLS2N tingkat kabupaten. Sedangkan untuk pemenang dari cabang OSN telah mewakili Kecamatan Muaradua pada 20 maret 2019 yang lalu, terdiri dari 25 Atlet dan 20 official.

“Untuk pemenang dari masing-masing pertandingan dan perlombaan ini nantinya akan mewakili Kecamatan Muaradua pada ajang O2SN dan FLS2N tingkat Kabupaten OKU Selatan yang akan dilaksanakan pada 30-31 Maret mendatang yang bertempat di Kecamatan Banding Agung”. Jelas Karsadi saat ditemui di sela – sela kegiatan.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali, dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Camat Muaradua, Putra Bani, S.Sos., menyampaikan bahwa pendidikan Sekolah Dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan secara menyeluruh yang diselenggarakan dalam rangka pembinaan karakter anak agar tumbuh dan berkembang secara seimbang, baik jasmani maupun rohani. Adapun tujuan pendidikan Nasional berpungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa.

Upaya meningkatkan pembinaan dan pengembangan di bidang sains, olahraga dan seni maka diselenggarakan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olompiade Olahraga Nasional (O2SN), Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) sebagai sarana peserta didik untuk menyalurkan bakat, kreativitas dan kemampuan inovasi yang dimiliki peserta didik.

“Kegiatan ini sangat penting untuk memotivasi kita semua dalam rangka melakukan konsolidasi, koordinasi dan pembinaan yang lebih baik agar kita dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi siswa Sekolah Dasar di Provinsi Sumsel pada umumnya dan Kabupaten OKU Selatan pada khususnya”. Paparnya.

Di akhir sambutannya, Putra Bani menghimbau seluruh Kepala Sekolah di Kecamatan Muaradua untuk lebih intensif dalam pembinaan dibidang sains, olahraga dan dan sains. Selain itu tiap sekolqh juga didorong untuk memiliki satu atau dua cabang olahraga untuk di jadikan fokus dalam pembinaan terhadap anak – anak yang mempunyai potensi dan bisa berkembang hingga membentuk karakter.

“Tanpa adanya perlomban dan pertandingan akan sulit mencari potensi – potensi siswa, terutama dalam bidang sains, olahraga dan seni. Adanya kegiatan lomba dan festival ini saya harap tidak hanya sebatas perlombaan dan pertandingan saja”. Pungkasnya (Red)

Print Friendly, PDF & Email