Niat Baik Kembalikan Kerugian Negara Tak Hapus Pidana

oleh -415 views

Pagar Alam,wartaterkini.news–Niatan baik tersangka yang tersandung kasus penyimpangan dan merugikan keuangan negara patut dihormati serta dihargai dalam mengembalikan keuangan dimaksud. Namun tidak menghapus tindak pidana. Begitu juga dengan tiga serangkai oknum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagar Alam yang sudah ditahan oleh Kejaksaan Negeri, Senin (10/12).

Kajari Pagar Alam, Jaja S.H, kepada media ini usai eksekusi menjelaskan, pemberantasan korupsi intinya mengembalikan kerugian yang ditimbulkan.

“Nah,kerugian tersebut sudah dikembalikan oleh ketiga tersangka”, ujar Jaja.

Lanjut Kajari, pengembalian kerugian itu dipertimbangkan sesuai dengan besaran pengembalian. Namun, pemotongan hukuman berdasarkan persentase pengembalian kerugian sesuai dengan Standart Operasional Procedure (SOP) yang berlaku. Semisal dikembalikan 100 persen masa hukuman kemungkinan dikurangi 1 tahun, 70 persen kemungkinan dikurangi 8 bulan dan seterusnya sesuai dengan SOP.

Kajari juga mengatakan saat ini, kerugian negara sebesar Rp.284.600.000,- sudah dititipkan di kejari Pagar Alam dan segera disetorkan ke negara.

Diberitakan sebelumnya, tiga pejabat Disdikbud Pagar Alam, MJ, BA dan MP resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Pagar Alam terkait proyek sarana prasarana di Disdikbud Pagar Alam tahun anggaran 2017. Tindakan tersebut mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp.284.600.000,-.  (Repi Black/Red)

Print Friendly, PDF & Email