Mimika Sport Complex Akhirnya di Resmikan

oleh

Mimika Papua, wartaterkini.news–Tuntas dibangun pada 2016 lalu, Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI) akhirnya diresmikan Selasa (5/10/2021) oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas.

Hadir pula dalam kesempatan ini Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, Bupati Waropen Yermias Bisai, dan para pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, mengungkapkan kebanggaannya karena PTFI bisa mempersembahkan sebuah karya berupa fasilitas olahraga untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang olahraga di Papua khususnya Mimika.

MSC dijelaskan Tony Wenas, dibangun di atas lahan seluas 12,5 hektar. Ada stadion indoor dengan luas bangunan 9.314 meter persegi kapasitas 5.500 orang. Kemudian stadion outdoor untuk atletik dengan luas bangunan 1.455 meter persegi dan kapasitas penonton 3.400 orang.

Baca Juga :  Ormas Gempar Santuni Yatim Dan Dhuafa Di Cikarang Selatan

MSC adalah venue berstandar internasioal. Sudah mendapat sertifikasi IAAF dan sudah terakreditasi. Lama pembangunan selama 24 bulan dari 2014 sampai 2016 dengan biaya mencapai Rp468 miliar.

Ia menegaskan, bahwa ini merupakan komitmen PTFI untuk bertumbuh dan berkembang bersama masyarakat. “Patut dibanggakan bahwa fasilitas ini ada di Papua, ada di Mimika. Torang bisa”,tandasnya.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, mengapresiasi PTFI yang sudah membangun fasilitas yang luar biasa megah. “Kalau kita ada di sini, macam kita ada di Australia”,ujar Bupati Omaleng.

Agar fasilitas ini terus digunakan, Pemda Mimika kata Bupati Omaleng akan membangun sekolah untuk pelatihan para atlet agar ke depan bisa menunjukkan prestasi di tingkat nasional bahkan internasional. Bukan hanya pertandingan tapi dalam apapun Papua bisa. “Apapun yang Negara buat, Papua bisa,” katanya.

Baca Juga :  Ini Kunci Tim Futsal Papua Raih Medali Emas PON

Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengenang kembali saat baru menjabat kemudian datang ke Mimika untuk meletakkan batu pertama pembangunan MSC. Dan dia bersyukur, saat ia masih menjabat pembangunan sudah selesai dan kini dijadikan arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

MSC kata Gubernur Papua, adalah salah satu venue berstandar internasional yang ada di Papua. “Karena torang bisa. Barang apa jadi. Torang bisa bangun. Terima kasih kepada Freeport yang sudah bangun fasilitas ini,” ucapnya bangga.

Papua akan menjadi provinsi olahraga dalam pengembangan atlet dan menjadi pusat perhelatan even olahraga. Tahun depan akan dilaksanakan Asia Pacific Games dan Arafura Game di Papua. Jadi fasilitas yang dibangun PTFI dikatakan Gubernur sangat berguna untuk peningkatan prestasi olahraga di Papua dan bisa berprestasi di tingkat internasional.

Baca Juga :  Pangdam XVII/Cenderawasih Bersama Kapolda Papua dan PB PON Tinjau Sarana PON XX Papua

Stadion atletik MSC dikatakan Gubernur Papua, merupakan yang terlengkap saat ini di Indonesia. Jadi harus dimanfaatkan untuk mendulang prestasi olahraga Papua.

Sebagai informasi sesaat sebelum peresmian MSC ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, sempat hadir meninjau area MSC khususnya Stadion Atletik dan menembakkan pistol star, kemudian mengalungkan medali ke Atlet yang menang.

Menko Marves tidak sempat ikut turut menyaksikan peresmian MSC ini karena harus berbegas ke Bandara Mozes Kilangin berangkat menuju Jakarta.

Foto: Selvi/Media Center Kominfo PON Papua Klaster Mimika. 

Print Friendly, PDF & Email