Menujuh Green And Smart Island, Tahun Ini Seluruh Desa di Morotai Dipasang CCTV dan Jaringan 4G

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Menujuh Era Digitalisasi, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara akan dijadikan sebagai Green And Smart Island.

Salah satu keunggulan dari digitalisasi Green And Smart Island yakni seluruh desa dan ruang publik di Kabupaten Pulau Morotai tahun 2021 ini bakal di pasang CCTV guna mempermudah mengontrol aktifitas pemerintah, masyarakat dan penegakan hukum.

Hal ini diungkapkan Bupati Pulau Morotai Benny Laos, usai melakukan Penandatangan Nota Kesepakatan Implementasi Gerakan Menujuh Kota Cerdas (Smart City) antara Kementerian Kominfo RI dan Pemda Morotai melalui via daring di Ruang Command Center Kantor Bupati Morotai, Kamis (20/05/2021) siang.

Baca Juga :  Bupati Dukung Rencana Pembangunan Pemancar Digital di OKU Selatan

“Untuk mengontrol digitalisasi dalam bentuk visual, tahun ini semua desa di Pulau Morotai dan ruang publik, misalnya Pasar, Pelabuhan, terminal dan tempat keramaian lainnya di pasang CCTV, hal ini dilakukan untuk penegakan regulasi dan aturan, jadi jika terjadi kejahatan, pencurian dan lainnya semua sudah terpantau lewat sini (Command Center).”ungkapnya

Selain itu, menurut Benny, konsep digitalisasi ini juga untuk mempermudah aktifitas Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai.

“Jadi, jarak antara desa, kecamatan dan Kabupaten sudah tidak ada jarak lagi, kedepan misalnya saya rapat bersama Kepala Desa sudah tidak perlu lagi saya suru datang ke sini, cukup saya duduk di sini (Ruang Command Center) karena semua sudah melalui aplikasi, makanya tahun ini saya selesaikan semua blank spot Jaringan 4G,”bebernya

Baca Juga :  DPC Partai Demokrat Pulau Morotai Konsisten Pada Barisan AHY

Untuk itu, orang nomor satu di Pemda Morotai ini menyatakan selain pemasangan CCTV tahun 2021 ini juga bakal dipasang 24 tower jaringan 4G di sejumlah desa yang belum menikmati jaringan.

“Tahun ini akan di pasang 24 Tower terhadap titik-titik (desa) yang masih kurang, seperti Desa Sopi, Desa Leo Leo, Desa Aru Burung, Desa Aru Irian dan titik-titik yang lain. Setelah itu kita lihat lagi kalau masih ada yang kurang kita pasang lagi sehingga secara otomatis Morotai menjadi Smart,” Pungkas Benny kepada wartawan didampingi Sekretaris Daerah, Andarias Thomas.

Baca Juga :  Polres Haltim Gerak Cepat Evakuasi dan Memadamkan Api Kebakaran Kosan Jerin

Di selah itu, Kepala Bagian Humas dan Kominfo Setda Pulau Morotai, M. Takdir Abd Azis, memastikan tahun 2021 seluruh desa di Pulau Morotai sudah menikmati jaringan 4G, karena pihaknya telah teken kontrak kerjasama dengan pihak telkom.

“Itu pasti, tahun ini semua desa sudah ada jaringan 4G, kemarin kita sudah kontrak kerjasama dengan pihak telkom,”singkatnya (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini