Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Keliling

oleh -1.373 views

OKU Selatan,wartaterkini.news–Salah satu tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,yakni meningkatkan minat baca siswa melalui pengadaan buku bacaan.

Untuk mewujudkan visinya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan OKU Selatan mempunyai Program Perpustakaan Keliling.

Perpustakaan Keliling ini melayani sekolah sekolah yang ada di kota Muaradua dan sekitarnya, dengan mendatangi sekolah pada saat jam istirahat. Dalam tiap kunjungan ke sekolah lebih dari 500 judul buku yang dibawa. Kali ini yang menjadi sasaran kunjungan yakni SD Negeri 16 Muaradua yang terletak di Kelurahan Kisau. Nampak jelas siswa SD Negeri 16 Muaradua  sangat antusias menyambut kedatangan mobil perpustakaan keliling tersebut.

Baca Juga :  Pegawai Kemenku Jadi Penumpang Lion Air JT610 Mentri Keuangan Datangi Kantor Basarnas

Begitu pintu mobil dibuka puluhan anak-anak menyerbu koleksi yang ada di mobil perpustakaan keliling. Mereka memanfaatkan waktu 15 menit istirahat mereka untuk membaca. Buku – buku yang dibawa oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini berbeda dengan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah mereka sehingga banyak siswa yang  rela antri untuk meminjam buku. Kegembiraan siswa bertambah saat Dinas perpustakaan memberikan kuis untuk para siswa dan ada 5 hadiah yang disediakan.

Baca Juga :  Asosiasi Kesehatan Haji Gelar Sosialisasi Antisipasi Penyakit Calon Jamaah Haji

Setiap siswa yang berhasil menjawab pertanyaan akan mendapatkan hadiah yang diberikan langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Estyka Yasari Pratiwi. Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, H.Turyadi berpesan kepada orang tua, untuk terus menggalakkan budaya membaca di rumah. Karena membaca jauh lebih baik daripada menonton. Menurut Turyadi, orang tua perlu membatasi penggunaan gadget atau handphone di kalangan anak-anak.

Baca Juga :  Sekda Sumsel Resmikan lima Desa Menyala di Sumsel

“Menanamkan minat baca anak juga sebaiknya dilakukan orangtua di rumah. Lebih baik anak diajak membaca daripada dibiarkan menonton tv atau bermain handphone”, ujarnya.

Setiap hari, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah akan melayani masyarakat umum, dari hari Senin sampai Jum’at. Mulai dari Pukul 8 hingga pukul 4 sore. Dan untuk lokasi perpustakaan ini terletak di tengah kota, tepatnya di jalan Kampung Tanding, Muaradua. (Wt01/Red)

Print Friendly, PDF & Email