Ma’ruf Amin Tinjau Bendungan Way Sekampung Pringsewu

oleh

Lampung, wartaterkini.news–Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau pembangunan infrastruktur Bendungan Way Sekampung, Banjarejo, Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung pada Senin (22-03-2021).

“Saya meninjau Bendungan Way Sekampung, Banjarejo, Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung,” ujar Wapres Ma’ruf Amin dikutip melalui Akun Resmi Media Sosial Twitter @K.H Ma’ruf Amin.

Menurut dia, bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung 68 juta m3 yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi di Way Sekampung seluas 55.373 hektar. Kemudian menambah potensi area irigasi Rumbia Extension yang seluasnya mencapai 17.334 hektar.

Baca Juga :  Wapres Bakal Hadiri Rakorda MUI se Sumbagsel

“Dapat membantu petani untuk meningkatkan intensitas tanamnya jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya satu kali dalam setahun”,ujarnya.

Bendungan Way Sekampung dibangun dengan biaya Rp1,7 triliun terbagi menjadi tiga paket. Secara keseluruhan pekerjaan tiga paket yang tengah on going tidak ada kendala dengan progres fisik mencapai di atas dari 90 persen.

Seluruh pembangunan Bendungan Way Sekampung ditargetkan selesai tahun awal tahun 2021. Paket satu pembangunan Bendungan Way Sekampung dikerjakan oleh kontraktor PT. PP-PT. Ashfri (KSO) dan paket dua oleh PT. Waskita Karya-PT. Adhi Karya (KSO).

Baca Juga :  Produk Halal Indonesia Berkembang di Kancah Global

Selain mendukung kebutuhan air irigasi di Provinsi Lampung, selesainya Bendungan Way Sekampung juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedia air baku untuk Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2.480 liter/detik, potensi tenaga listrik sebesar 5,4 MW, mereduksi banjir sebesar 185 m3 per detik serta menjadi objek wisata di Kabupaten Pringsewu. (Foto: Akun Twitter @K.H Ma’ruf Amin)

Print Friendly, PDF & Email