Lotim Dinilai Belum Kondusif Untuk Berinfestasi

oleh -206 views

Lombok Timur, wartaterkini.news–Wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dinilai belum kondusif untuk berinfestasi. Terutama infestasi yang dilakukan para infestor dibidang pengembangan pariwisata. Hal itu dibuktikan dengan masih minimnya infestasi disektor pariwisata yang dilakukan infestor didaerah ini.

“Kalau saya nilai Lotim belum kondusif untuk berinfestasi”. ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Lotim H.Rohma Farly, beberapa hari yang lalu.

Dikatakannya potensi pengembangan sektor wisata didaerah ini begitu besar. Selain sebagai daerah penyangga wisata, daerah ini juga memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan bahkan memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan daerah wisata lainnya. Namun hal itu dianggap belum cukup bagi para infestor yang akan menanamkan modal besar mereka didaerah ini. Pasalnya kondisi perekonomian masyarakat didaerah ini belum mendukung dengan infestasi dibidang wisata yang akan dilakukan didaerah ini.

Baca Juga :  Pengamat : Tim Hukum Nasional Bentukan Wiranto, Berpotensi Menjadi Alat Kekuasaan Baru

“Kondisi ekonomi masyarakat yang tidak mendukung. Hal ini yang menyebabkan Lotim belum kondusif untuk berinfestasi”. paparnya.

Dari 10 Kabupaten Kota di Nusa Tengara Barat (NTB) kurang lebih 60 % penduduk NTB ada di Lotim dengan luas wilayah cukup besar dibandingkan kabupaten lainnya. Meskipun dari luas wilayah dan jumlah penduduk sangat mendukung, namun jika perekonomian masyarakat belum mendukung infestor tidak akan berani berinfestasi.

Baca Juga :  Hambat Pembangunan RTG Akan Diproses Hukum

Di contohkanya, untuk membangun lokasi rekriasi dibutuhkan modal yang begitu besar. Sementara daya beli masyarakat masih rendah. “Meskipun dianggap rekreasi itu sangat penting, masyarakat akan berfikir untuk berekrasi karena pertimbangan ekonomi. Lebih baik untuk makan dari pada berekriasi”. paparnya.

Lebih lanjut dikatakanya, diwilayah selatan terbangun sebuah hotel degan pasilitas wisata yang mendukung. Namun masyarakat setempat tidak mampu bersaing untuk pengembangan ekonomi mereka. Lebih banyak tamu yang datang kelokasi hotel tersebut dikoordinir dari daerah lain (tamu paket).

Baca Juga :  M. Zaini, Sayangkan Angaran Pengadaan Dua Kapal Perintis Harus Kembali Kepusat

Untuk itu menurut H. Rohman Farly, untuk menarik minat infestor berinfestasi didaerah ini, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berbagai bentuk perogram yang telah dilaksanakan pemerintah daerah. Selain itu pemerintah daerah juga memberikan kemudahan segala bentuk perizinan bagi infestor yang akan berinfestasi didaerah ini. (Biur/red)

Print Friendly, PDF & Email