Launching Germas Model, Bupati Sumba Tengah Ajak Masyarakat Hidup Sehat

oleh -210 views

Waibakul Sumba Tengah NTT, Wartaterkini.News– Peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi perlu partisipasi nyata dari masyarakat.

Sehingga diperlukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) Model, agar masyarakat secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat,makan sayur dan buah, tidak merokok dan mengkomsumsi alkohol. ungkap Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S. K. Limu saat membuka kegiatan Launching Germas Model di desa Umbu Kawolu Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat Kabupaten Sumba Tengah. Jumat (17-05-2019).

Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S. K. Limu Mengatakan, Hidup sehat dibangun dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Kebersihan diri dan lingkungan harus dijaga dengan penuh semangat, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak Buang Air Besar (BAB) tidak pada tempatnya,” ungkap Paulus.

Kemauan dan usaha tanpa henti secara sungguh – sungguh, jujur dan tulus melayani akan menghasilkan berbagai pemikiran inovasi dan terobosan – terobosan baru dalam melaksanakan pembangunan sehingga menghasilkan lompatan – lompatan perubahan dan capaian – capaian dasyat dan bermanfaat dalam kerangka melepaskan diri dari ketertinggalan kita pada berbagai segi kehidupan.

“Hari ini saya canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Model. Saya berharap masyarakat di Desa Umbu Kawolu Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat membiasakan diri untuk makan buah serta menjaga pola hidup yang sehat”. Harapnya.

Usai melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Model Bupati bersama Wakil Bupati, Penjabat Sekda, Wakil Ketua TP PKK serta para Pimpinan OPD, Danramil 1613 05 juga melakukan tandatangan komitmen bersama Germas Model.

Kepala Dinas Kesehatan Sumba Tengah dr. Oktovianus Deki mengatakan bahwa masyarakat bersemangat mengikuti acara tersebut menyampaikan Germas Model menjadi momentum guna membudayakan pola hidup sehat masyarakat.

“Mari kita budayakan hidup sehat melalui perubahan pola hidup sehat kearah yang lebih sehat”. Serunya

Oktovianus menerangkan pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian.

“Saya berharap untu partisipasi seluruh komponen agar bisa mendukung Germas Model ini”. ungkap Oktovianus. (Yunia/Red)

Print Friendly, PDF & Email