Lalai Gunakan Masker, Puluhan Orang Terjaring Operasi Yustisi Di Kabupaten Bekasi

oleh -154 views

Bekasi Jabar, wartaterkini.news – Operasi Yustisi dalam rangka menindak tegas masyarakat yang melanggar aturan penggunaan masker saat beraktivitas diluar rumah, mulai diberlakukan diwilayah kabupaten Bekasi.

Hal tersebut guna menegakan peraturan Gubernur Jawa Barat nomor 48 tahun 2020, yang mengatur tentang pedoman pelaksanaan Pembasatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dan setiap pelanggar dikenakan sanksi denda maksimal Rp 250.000 atau sanksi sosial berupa hukuman membersihkan sampah di sepanjang jalan RE Martadinata depan Sentra Grosir Cikarang (SGC), Senin (14/9/2020) siang.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Lantik Pengurus Adat Sumsel Agar Adat Budaya Tetap Lestari

Menurut Sekretaris Satpol PP kabupaten Bekasi Hanip Zulkipli, operasi yustisi dihari pertama ini di gelar di empat titik pusat keramaian, diantaranya Sentra Grosir Cikarang, Terminal Cikarang, Stasiun Cikarang, dan Pasar Induk Cibitung.

“Sasaran operasi yustisi ini adalah para pejalan kaki, pengendara roda dua dan empat, juga angkutan umum yang tidak menggunakan masker” tegas Hanip.

Dalam operasi tersebut ada 96 orang pelanggar yang didata serta diberikan sanksi administrasi dan sanksi sosial, kebanyakan dari para pelanggar yang terjaring beralasan karna faktor lupa memakai masker. Dari keempat titik lokasi di hari pertama diberlakukannya operasi yustisi tersebut di pasar induk Cibitung paling banyak pelanggar yang terjaring.

Baca Juga :  Jelang Musim Penghujan Warga Desa Cibuluh Pangandaran Gotong Royong Bersihkan Sungai

“Sebelum kami berikan sanksi sosial memyapu jalan, terlebih dulu kami berikan keringanan untuk memilih sanksi menyanyikan lagu Indonesia Raya atau teks pancasila, dan untuk sanksi administrasi kami berikan sesuai kemampuan pelanggar dengan maksimal denda Rp 250.000” ungkap Hanip.

Operasi yustisi tersebut akan terus dilaksanakan hingga berakhirnya masa pandemi covid 19 di semua titik yang menjadi pusat keramaian. Hanip juga menjelaskan, ditempat hiburan malam juga akan diberlakukan operasi tersebut, namun masih menunggu koordinasi pihak terkait. (Eka/Red).

Print Friendly, PDF & Email