Kamis, Januari 27, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaKoramil 21/Kajoran Bantu Linmas Tingkatkan Kapasitas Trantib

Koramil 21/Kajoran Bantu Linmas Tingkatkan Kapasitas Trantib

Magelang Jateng, wartaterkini.news– Sebanyak 30 anggota Satgas Linmas Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Trantib guna melaksanakan tugas di desanya. Kegiatan ini langsungkan di Aula Balai Desa Sambak, Selasa (30/11/2021).

(foto : Narwan/WT)

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kajoran yang diwakili Kasi Trantib Sri Hartono, Danramil 21/Kajoran yang diwakili Serma Miftah dan Serda Sutiono sebagai narasumber, Kapolsek Kajoran Aipda Suryono. Serta Kepala Desa Sambak, dan anggota Satgas Linmas Desa sebagai peserta kegiatan.

Kepala Desa Sambak, Dahlan mengatakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Trantib Anggota Satlinmas ini sudah menjadi program prioritas Pemerintah Desa Sambak. Seperti juga program pada tahun ini, sehingga harus dilaksanakan.

Baca Juga :  Percha Leanpuri Putri Sulung Gubernur Sumsel Tutup Usia

Dahlan menyebutkan, bahwa kegiatan ini sedianya akan berlangsung selama tiga hari, namun melihat kondisi Covid-19 terkait PPKM, maka kegiatannya dipersingkat menjadi satu hari. Kades juga berjanji bahwa kegiatan serupa akan tetap diprogramkan dan berlanjut pada tahun mendatang.

“Insya Allah, kegiatan seperti ini tetap kita programkan, sehingga kapasitas SDM para anggota Satlinmas Desa bisa terdongkrak, dan semakin meningkat, ” ujarnya.

Keberadaan Linmas ini, berdasarkan ketentuan terbaru diatur dalam Permendagri Nomor 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman umum dan ketenteraman serta perlindungan masyarakat. Berdasarkan aturan tersebut, terang Kades Sambak, bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satlinmas adalah organisasi yang beranggotakan unsur masyarakat yang berada di kelurahan atau desa dibentuk oleh lurah atau kepala desa untuk melaksanakan Linmas.

Baca Juga :  Tingkatkan Kebugaran Fisik, Taruna Akmil Lakukan Lari Lintas Medan

“Anggota Satlinmas adalah warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan secara sukarela turut serta dalam kegiatan di desa,” jelasnya.

Sementara Serma Miftah dalam sambutannya mengatakan peningkatan kemampuan dan keterampilan Anggota Satlinmas untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Baik dalam pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku. Kemampuan tersebut harus dimiliki dan ditingkatkan oleh setiap anggota Satlinmas.

“Sehingga keberadaannya di desa, tidak hanya pada saat ada momen Pilkades, Pemilu, Pemilukada, atau Pilpres saja.

Baca Juga :  Sinergi DPC Projo dan Polres Magelang Gelar Vaksinasi Massal

“Oleh karena itu, jika dilihat dari masa keberadaannya tersebut, tentu tugas dan fungsi Satgas Linmas Desa ini sangat kompleks,” ungkap Serma Miftah.

Dalam kegiatan ini dari Koramil 21/Kajoran menambahkan kegiatan pelatihan seperti PBB ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan kerjasama antar sesama anggota Linmas. Serta kerjasama dengan komponen masyarakat lainnya.

Serma Miftah menekankan kepada para anggota Linmas agar mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Anggota Linmas dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara,” pungkas Serma Miftah. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,301,193
Total Kasus
Updated on 26 January, 2022 8:15 pm

Paling Populer

Headline News

error: Content is protected !!