Komisi IV DPRD OKU Selatan Ikuti Zoom Meeting Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan

oleh -842 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–LPMP Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui aplikasi Zoom. Kegiatan sosialisasi ini  diselenggarakan oleh Kementerian Dinas Pendidikan dan diikuti oleh Disdik Kabupaten dan Kota Se Indonesia secara daring dalam rangka menunjang tugas dan fungsi penjaminan mutu selama masa darurat Covid-19. Rabu (01-07-2020).

Sebagaimana diketahui Program Kegiatan Penjaminan Mutu Pendidikan merupakan koor program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, LPMP Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang diikuti oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Komisi IV DPRD OKU Selatan yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan.

Baca Juga :  Bunda Paud Pulau Morotai Sosialisasi Implementasi Tanaman Hidroponik

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 (dua) tahap, yaitu tahap I dan tahap II.  Peserta kegiatan antara lain Kadisdik Provinsi dan Kabupaten/Kota,  Kepala Bidang SMA, SMK, dan GTK, Pengawas Provinsi, Operator Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Bidang SD dan SMP, Operator Dapodik, dan Operator BOS.

Kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi Sumsel, Suyato. Dalam sambutannya Suyato menyampaikan paparan hasil diskusi terpimpin Pembahasan Kebijakan Pembelajaran pada Kondisi Kenormalan Baru Terkait Masa Darurat COVID-19.

Dikatakannya juga, pada prinsipnya, untuk Tahun Ajaran 2020/2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih fokus terhadap upaya pembelajaran di masa darurat Covid-19. Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun ajaran ini memprioritaskan kesehatan dan keselamatan bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan semua warga satuan Pendidikan.

Baca Juga :  Satlantas Polres Pagaralam Kini Miliki Gedung Sendiri

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD OKU Selatan H.A, Ismail, Mo., SKM., M.Kes seusai mengikuti zoom meeting mengatakan jika saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayan sudah menyiapkan skenario pembelajaran terkait kondisi kenormalan baru.

Skenario Pola Pembelajaran dibagi menjadi 2 (dua) antara lain: skenario pembelajaran di zona kuning, oranye, dan merah dan skenario pembelajaran di zona hijau.

Skenario Pola pembelajaran di zona merah, oranye, dan kuning pada daerah terdampak Covid-19 yakni dengan melanjutkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berdasarkan pedoman pelaksanaan PJJ sesuai SE Sesjen Nomor 15 Tahun 2020.

Baca Juga :  Bupati OKU Resmikan Gedung Raudhatul Athfal Al-Fatih Wijaya

Sedangkan untuk daerah hijau yaitu mempersiapkan pembukaan secara terbatas sesuai arahan Gugus satuan Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah masing-masing. Namun hal tersebut masih berbentuk draft dan belum diedarkan secara resmi.

“Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang fokus terhadap upaya pembelajaran di masa darurat Covid-19. Oleh karena itu, upaya penjaminan mutu pendidikan kurang lebih masih sama dengan tahun sebelumnya. Mengingat kebijakan merdeka belajar ke depan yaitu dengan adanya asesmen pembelajaran.” jelas Ismail. (Red)

Print Friendly, PDF & Email