Kemkominfo Ajak ASN Pengelola Media Instansi untuk Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Konten & Informasi

oleh -225 views

Jakarta, wartaterkini.news–Dalam rangka meningkatkan kualitas penyebaran informasi mengenai kebijakan, penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) selaku pengampu tugas dan fungsi sebagai Government Public Relation (GPR), melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, kembali menggelar program JARKOM (Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom) volume 2, dari tanggal 16-20 November 2020.

Program ini berbentuk Pelatihan Jurnalistik yang ditujukan kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) yang bertugas pengelola media instansi di seluruh Indonesia. Program ini merupakan salah satu upaya Kominfo mendukung Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada para Menteri, Kepala Lembaga Non Kementerian, Gubernur, dan Bupati/Wali Kota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan dari masing-masing K/L dalam rangka mendukung pelaksanan komunikasi publik.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan Terima LHP Keuangan Dengan Predikat WTP

“JARKOM diharapkan menjadi kanal strategis bagi pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan kemampuan pembuatan konten yang positif, terkait apa yang telah dilakukan dan akan dilakukan pemerintah untuk sepenuhnya kepentingan masyarakat,” ungkap Prof.Dr. Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, saat membuka hari kedua JARKOM volume 2 secara daring, Selasa, (17/112020).

Di kesempatan yang sama, Prof. Dr. Widodo Muktiyo mengungkapkan, JARKOM Volume I yang sudah digelar pada tanggal 12 hingga 16 Oktober 2020 lalu mendapat sambutan yang baik. Dan sebagai tindak lanjutnya, Volume kedua kegiatan JARKOM digelar di pertengahan November 2020.

Baca Juga :  Pelantikan dan Rapat Kerja PMII Kota Ternate, Jangan Giring PMII Ke Politik Praktis

“Semoga apa yang kita lakukan dengan niat yang baik akan menghasilkan yang terbaik untuk seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia,” ujarnya, penuh semangat.

Lewat JARKOM volume 2 ini Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo memfasilitasi ASN pengelola media instansi untuk mengembangkan kemampuan teknisnya dalam mengelola informasi pada instansi masing-masing.

Mulai dari mengemas diskusi media, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten, pembuatan rilis dan pengelolaan media.

Sama seperti JARKOM sebelumnya, JARKOM Volume 2 digelar secara daring melalui webinar Zoom selama lima hari, dan masih mengusung topik yang berbeda setiap harinya.

Sambutan peserta terhadap acara ini sangat mengesankan. Hingga acara ini digelar, sudah 700 ASN dan media centre dari seluruh penjuru tanah air yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi.

Baca Juga :  Kantongi Sabu, Warga Tanjung Haloban Diamankan Polisi

Targetnya, JARKOM kali ini bisa mengedukasi ribuan stakeholder yang aktif ikut belajar melalui Zoom maupun YouTube Ditjen IKP Kominfo.

Ada lima topik yang disiapkan dalam program JARKOM kali ini, yaitu Mengemas Diskusi Media, Mengemas Rilis yang Disukai Media, Mengelola Aset Foto dan Video, Membuat Foto Diskusi Media, dan Merebut Views Konten Audiovisual. Setiap topik akan dibahas oleh narasumber dari Kominfo Newsroom dan beberapa praktisi media.

Sebagai informasi, Kominfo Newsroom adalah pengelolaan media oleh Direktorat Pengelolaan Media Kemkominfo. Yang terdiri dari Portal Indonesia (Indonesia.go.id), Portal Berita InfoPublik (InfoPublik.id), Indonesia Baik, GPRTV, Komik Komunika, Majalah GPRNews, Jurnal Dialog Kebijakan Publik, dan FMB9. (Ril/Red)

Print Friendly, PDF & Email