Keluhkan Masalah Listrik di Haltim, Ailen Goeslaw Tulis Surat Terbuka Untuk Jokowi

oleh -2.073 views

Halmahera Timur, wartaterkini.news– Akibat masalah listrik yang sering padam di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Ailen Goeslaw membuat surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo lewat postingannya di akun media sosial facebook miliknya, Minggu (11-08-2019) kemarin.

Melalui unggahan dengan nama akun Goeslaw Goeslaw tersebut, Ailen Goeslaw menyampaikan keresahan masyarakat soal pemadaman listrik di Kabupaten Haltim, Provinsi Maluku Utara yang sudah sering terjadi selama bertahun-tahun hingga kini tak kunjung membaik. Dia pun mengatakan kerugian yang didapatkan akibat pemadaman listrik itu tidak jauh lebih besar dari wilayah Jawa-Bali.

“Tau ka bapak presiden, bahwa PLN sudah melakukan (pemadaman listrik) bertahun-tahun kepada kami di maluku utara? dan kerugian yang timbul jauh lebih besar dari apa yang dialami oleh saudara-saudara kita di Jawa-Bali?,” pungkasnya.

Baca Juga :  Gunung Api dan Catatan Volcanic Explosivity Index

Mantan Camat Kecamatan Maba Kabupaten Haltim ini juga mempertanyakan soal perbandingan kerugian akibat pemadaman listrik yang dialami wilayah Jawa-Bali dengan kerugian di wilayah Maluku Utara, sehingga cara penanganan masalah tersebut berbeda dan terkesan tebang pilih padahal sama-sama berada dalam naungan kesatuan Republik Indonesia.

“Hitung-hitungannya sederhana, jika di jawa-bali rugi karna banyak industri yang stop dan rumah tangga jadi tidak beraktifitas, maka di kami sudah berapa banyak investasi akan masuk tapi terhambat karna ketersediaan listrik? Kami sama-sama NKRI dan secara ekonomis kerugiannya sama pak, Lalu apa yang membedakan kami sehingga cara penanganannya beda?,” keluhnya.

Selain itu, Wakil Ketua III DPD GAMKI Maluku Utara ini juga menyinggung soal program Kawasan Industri di Kabupaten Haltim yang hingga kini menurutnya hanya sebatas mimpi akibat pasokan listrik yang belum memadai.

Baca Juga :  Permohonan Amnesti Baiq Nuril Belum Sampai ke Saya, Begini Kata Jokowi

“Bapak presiden yang saya hormati, ada program di maluku utara Kawasan Industri (Kabupaten Haltim) dan KEK (Kabupaten Morotai) yang sampai sekarang masih sebatas mimpi karna masalah sederhana pasokan listrik yang belum memadai. Terakhir pabrik nikel yang dibangun oleh BUMN PT. Antam belum bisa diresmikan oleh Bapak presiden karna masalah power plan yang belum siap!” kata Ailen yang juga merupakan Ketua DPC GAMKI Haltim demisioner 2015-2018.

Menurutnya, pihak PLN tidak mampu menangkap peluang investasi dari kawasan industri yang presiden Jokowi gagas sebagai bentuk penciptaan kawasan ekonomi baru di Indonesia bagian timur.

Postingan tersebut mendapat tanggapan yang beragam dari netizen lainnya. Terlihat pada kolom komentar, akun Syafibatudua Syafibatudua berharap agar surat terbuka untuk Jokowi itu menjadi viral hingga ke telinga presiden untuk ditindak lanjuti.

Baca Juga :  Presiden RI Jokowi Berkunjung ke Salib Kasih Tarutung

“Mudah-mudahan status ini jadi viral la (supaya) sampe ke telinga pak presiden.. supaya beliau tindak lanjuti..amin,” harapnya.

Hingga berita ini dinaikan postingan tersebut sudah disukai oleh lebih dari 100 orang, 47 komentar dan dibagikan sebanyak 21 kali. (Engel/Red)